Polres Pessel akan Selidiki Aktivitas Galian C di Palangai Gadang Ranah Pesisir

Area lokasi pengelolaan Galian C di Palangai Gadang Ranah Pesisir
Area lokasi pengelolaan Galian C di Palangai Gadang Ranah Pesisir (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF  -- Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan , Sumatera Barat bakal menindak dugaan tambang galian C yang beroperasi untuk proyek PLTMH PT Dempo Sumber Energi di Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir beberapa waktu lalu.

Kasat Reskrim AKP Allan Budi Kusumah Katinusa mengungkapkan, sebelum penindakkan, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pengecekkan ke lokasi dan melihat perizinannya.

baca juga: PPP Pessel Jalin Koalisasi dengan Perindo

"Ya, rencana kami akan melakukan pengecekan ke sana (lokasi Galian C di PT Dempo), untuk menyikapi informasi dugaan ilegal yang terjadi," ungkap Allan Budi Kusumah Katinusa pada KLIKPOSITIF .

Ia mengakui, belakangan ini memang marak terjadi penambangan ilegal di daerah itu. Untuk itu pihaknya harus melakukan pendalaman satu persatu-satu.

baca juga: KPU Prediksi Jumlah Pemilih Pemula di Pessel Bertambah pada Pilkada 2020

"Pokoknya, apapun beritanya atau informasi akan tetap kami tampung. Jika ada indikasi pelanggaran atau tindak pidana akan kami tindak sesuai prosesur hukum berlaku," tutupnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pol PP-Damkar Pessel , Dailipal mengungkapkan, persoalan izin merupakan suatu hal yang mesti dipatuhi pengelola. Sebab, jika beroperasi tanpa izin itu berarti melanggar aturan, dan itu harus ditindak.

baca juga: KKN di Tengah Pandemi, Mahasiswa KKN UNRI di Pessel Bagi-bagi Masker

"Hal itu harus benar-benar dipatuhi. Sebab, beroperasi sebelum mengantongi izin akan ada penertiban (galian C tersebut)," terangnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya jauh-jauh hari pihaknya sudah melakukan teguran terhadap pengelola. Namun, ternyata tetap saja beroperasi sesuai dengan apa yang ditemukan warga.

baca juga: Belajar dari Korsel, KPU Pessel Optimis Target Partisipasi Pemilih Tercapai

"Jauh hari sebelum ada informasi penutupan warga, kami Satpol PP dan bersama tim terkait dalam memonitor galian C tersebut telah sampaikan kepada mereka, kalau belum boleh beroperasi sebelum ada izin," terangnya.

[Kiki Julnasri]

Penulis: Iwan R