Sikapi Bom Bunuh Diri di Medan, Anggota DPRD: Pengamanan Tanggungjawab Bersama

Anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman
Anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pengamanan wilayah merupakan hal wajib yang harus dijaga semua pihak. Pengamanan tak hanya jadi tanggungjawab aparat keamanan, namun juga masyarakat yang ada di dalamanya.

Anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman mengatakan keamanan adalah tanggungjawab semua pihak, termasuk masyarakat yang ada. "Negara kita yang luas juga harus melibatkan semua elemen masyarakat dalam menjaga keamanannya, termasuk dari masyarakat. Tak mungkin negara yang luas ini bisa diawasi dengan baik oleh aparat keamanan. Maka peran serta masyarakat disini sangat dibutuhkan," katanya saat dihubungi, Kamis, 14 November 2019.

baca juga: Fraksi di DPRD Sumbar Sampaikan Pandangan Fraksi Terhadap RPJPD

Ia mengatakan dengan adanya partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan, maka ini akan membantu pemerintah. "Partisipasi itu bisa dilakukan dengan melaporkan jika ada kejadian-kejadian mencurigakan yang terjadi di sekitar lingkungan tempat kita tinggal," jelasnya.

Menurutnya dengan aktifnya masyarakat ikut menjaga dan melaporkan setiap kecurigaan yang ada maka sinergisitas diatara semua pihak bisa tecipta dengan baik. "Sehingga yang namanya kecolongan dalam pengamanan tidak ada lagi dalam hidup berbangsa dan bernegara. Sehingga semuanya bisa menciptakan pengamanan dan keamanan dengan baik," tuturnya.

baca juga: Perda Adaptasi Kebiasaan Baru Disahkan, Tak Pakai Masker di Sumbar Denda 250 Ribu Rupiah

"Jadi masyarakat jangan ragu dan takut jika menemukan kejanggalan dilingkungan sekitar. Jika ada yang mencurigakan silahkan lapor kepada pihak berwajib," jelasnya.

Kemarin (13/11) terjadi aksi bom bunuh diri di Kota Medan. Atas aksi itu, pengamanan diperketat di beberapa tempat, seperti Polda Sumbar dan Polresta Padang. (*)

baca juga: Sumbar Sahkan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru, Pertama di Indonesia

Penulis: Fitria Marlina