Pasar Kuok Terbakar, Kerugian Capai Rp1,4 Miliar

Suasana pasca kebakaran di Pasar Kuok Batangkapas Pessel
Suasana pasca kebakaran di Pasar Kuok Batangkapas Pessel (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL KLIKPOSITIF  -- Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat mencatat total kerugian akibat kebakaran besar di Pasar Kuok Batangkapas mencapai Rp.1,4 miliar.

Baca berita terkait : Pessel Terbakar" href="http://news. KLIKPOSITIF .com/baca/60530/pasar-kuok-batangkapas-pessel-terbakar">Pasar Kuok Batangkapas Pessel Terbakar

baca juga: 8 Unit Bangunan Habis Terbakar di Dekat Pasar Maninjau Agam

Kepala Diskoperindag Pesisir Selatan , Azral mengaku prihatin dengan kondisi kebakaran yang terjadi. Untuk mengupayakan supaya pedagang bisa beraktivitas kembali, pihaknya akan segera mencari solusinya.

"Total yang telah kita hitung dan data itu juga sama dengan Polsek, kerugian mencapai Rp1,4 miliar dan saat ini kita sedang mengupayakan solusi," ungkapnya saat ditemui KLIKPOSITIF , Jumat, 15 November 2019.

baca juga: Bertambah 24, Kasus COVID di Pessel Hari Ini Didominasi dari Batangkapas

Ia menjelaskan, untuk bisa membuat pedagang yang kehilangan petak toko berdagang atau beraktivitas kembali ada satu solusi, katanya dengan merelokasi pedagang ke lokasi toko darurat yang sudah ada di lokasi tersebut.

"Dan ini akan kita bicara dulu bersama pedagang melalui camat, jika semua bersedia maka bisa pedagang yang masih tinggal di toko dararut dipindahkan ke pasar yang baru dan pedagang yang mengalami kebakaran di relokasi ke sana (toko darurat)," terangnya.

baca juga: Instruksi Pelarangan Pesta Nikah Diabaikan Warga, Pemkab Pessel : Camat dan Wali Nagari Harus Proaktif

Lanjutnya, saat ini telah terdata sebanyak 18 penghuni petak toko mengalami kerugian dengan 32 bangunan, dan jika semua telah menemui titik terang akan segera dilakukan. "Ini akan kita sampaikan pada pimpiman (Bupati), dan secepatnya akan kita carikan solusi," tutupnya.

[Kiki Julnasri]

baca juga: Pesantren di Solok Selatan Ini Gratiskan Biaya Pendidikan

Penulis: Iwan R