Pemko Agendakan Menhan Prabowo Hadiri Peringatan Hari Bela Negara di Padang

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto (setkab.go.id)

KLIKPOSITIF -- Pemko Padang mengagendakan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto hadir pada peringatan Hari Bela Negara di Kota Padang . Beberapa kegiatan telah disiapkan untuk peringatan hari Bela Negara tersebut.

Seperti, napak tilas bela negara ke museum PDRI di Kota Bukittinggi, Monumen Bela Negara Koto Tinggi dan Tugu PDRI Halaban di Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Tugu PDRI Bidar Alam di Kabupaten Solok Selatan yang akan diikuti generasi muda se-Sumatera Barat dengan jumlah peserta sebanyak 300 orang. Selanjutnya, kegiatan Seminar Nasional dan Upacara Bendera dan Bakti Sosial.

baca juga: Belum Ada Teguran Untuk Restoran dan Tempat Hiburan yang Tidak Memberlakukan Protokol COVID-19

Peringatan Hari Bela Negara tersebut digelar pada 15-19 Desember 2019 mendatang.

“Kita mengagendakan Bapak Menhan Prabowo Subianto menjadi pembina upacara bendera Hari Bela Negara 19 Desember di Kota Padang , serta menjadi pembicara pada acara Seminar Nasional. Dan kita, Pemko Padang juga mengusulkan agar Kota Padang Provinsi Sumatera Barat menjadi tuan rumah peringatan Hari Bela Negara tingkat Nasional,” ujar Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemko Padang Dedi Henidal saat audiensi dengan Kasubdit Lingkungan Kerja Direktorat Bela Negara Kemenhan Kol. Kav. Tjetjep Darmawan di Kantor Kemenhan Jakarta, pada Kamis (14/10/2019) yang lalu.

baca juga: Minang Soto, Sajikan Soto Resep Keluarga Penggugah Selera

Lebih lanjut dikatakan, sebelumnya Wali Kota Padang Mahyeldi yang juga merupakan Ketua Forum Bela Negara Sumatera Barat juga telah melakukan audiensi peringatan Hari Bela Negara di Kota Padang dengan Sekjen Kemenhan Laksdya TNI Agus Setiadji di Kantor Kemenhan Jakarta, Rabu (24/7/2019) lalu. Namun karena ada pergantian kepemimpinan di Kemenhan, maka audiensi kembali dilakukan.

“Peringatan Hari Bela Negara bertujuan untuk membangkitkan jiwa patriotisme, cinta tanah air, khususnya bagi generasi muda Kota Padang dan Ranah Minang pada umumnya. Karena itu, kami Pemko Padang mengundang seluruh Kab/Kota di Sumatera Barat untuk mengikuti rangkaian acara peringatan Hari Bela Negara ”, imbuh Dedi Henidal yang didampingi Kadispora Kota Padang Mursalim, Kakan Kesbangpol Imral Fauzi, Kabag Umum Budi Payan dan Kasi Bina Idiologi dan Wawasan Kebangsaan Kantor Kesbangpol Chandra Amel

baca juga: Pemko Padang Anggarkan Lagi Rp60 Miliar Untuk Tangani COVID-19, Fokus Hal Ini

Sementara itu, Kasubdit Lingkungan Kerja Direktorat Bela Negara Kemenhan Kol. Kav. Tjetjep Darmawan mengatakan, rencana Pemko Padang menggelar rangkaian kegiatan peringatan Hari Bela Negara dengan menghadirkan Menhan Prabowo Subianti lebih lanjut akan dibicarakan di tingkat pimpinan. Sedangkan, untuk usulan sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Bela Negara tingkat nasional akan dikoordinasikan dengan Dirjen Pol Pum Kemendagri. (rilis)

Penulis: Iwan R