Ratusan Anggota Karang Taruna se-Sumbar Goro Massal di Danau Maninjau

Goro massal di Danau Maninjau
Goro massal di Danau Maninjau (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Ratusan karang taruna se-Provinsi Sumatera Barat, mengikuti gotong royong di Danau Maninjau , dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Bhakti Karang Taruna tingkat provinsi tahun 2019, Minggu (17/11).

HKSN dan Hari Bhakti Karang Taruna tahun ini dipusatkan di Kabupaten Agam dengan menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya gotong royong pengangkatan Keramba Jaring Apung (KJA) dan pembersihan eceng gondok dari Danau Maninjau .

baca juga: Agam Catat Rekor Pasien COVID-19 Sembuh Terbanyak

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam , Rahmi Artati mengatakan, tercatat 300 anggota karang taruna dari Agam dan 100 anggota karang taruna dari kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat yang mengikuti goro. Aksi bersih-bersih yang masuk program prioritas daerah itu dikemas dalam program Save Maninjau. Selain Karang Karuna, juga diikuti personil gabungan dari OPD, TNI, pemerintah kecamatan, nagari, tim Save Maninjau dan lainnya.

"Goro dibagi dua lokasi yaitu di Nagari Koto Kaciak dilakukan pengangkatan KJA dan pembersihan eceng gondok. Kemudian Nagari Sungai Batang tepatnya di kawasan Museum Buya Hamka. Di nagari itu juga dilakukan pembagian bibit tanaman kepada masyarakat," ujarnya.

baca juga: Ketua PN Lubuk Basung Meninggal di Kolam Renang Hotel

Rahmi menyebutkan, selain goro ada bermacam kegiatan sosial yang digelar seperti rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 3 unit, donor darah serta rehab masjid dan mushalla yang dibantu 75 sak semen oleh karang taruna provinsi.

Selain itu, malam ini karang taruna juga akan mengikuti temu ramah dengan Bupati Agam , di lapangan tenis indoor Lubuk Basung. Besok pagi, Senin (18/11), digelar Apel peringatan HKSN dan Hari Bhakti Karang Taruna, di halaman kantor Bupati Agam .

baca juga: Agam Tambah 21 Pasien COVID Hari Ini

"Apel direncanakan bakal dipimpin oleh Gubernur Sumatera Barat yang akan diwakili Bupati Agam , dan diikuti ratusan karang taruna se-Sumbar," sebutnya. 

Penulis: Rezka Delpiera