Hasa Terpilih Jadi Pemenang pada Lomba Maskot BKKBN untuk Harganas 2020

Si Hasa menjadi maskot Harganas 2020
Si Hasa menjadi maskot Harganas 2020 (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Si Hasa terpilih menjadi maskot BKKBN dalam rangka memeriahkan Hari Keluarga Nasional ( Harganas 2020) yang akan dilaksanakan di Sumbar pada Juni 2020. Si Hasa merupakan singkatan dari Hari Bersama dengan menggunakan bentuk dari Burung Balam betina bewarna biru khas logo BKKBN yang menggunakan pakaian adat khas minang yang mengibaratkan seorang Bundo Kanduang. 

Pemenang dari lomba tersebut yakni bernama Muhammad Afif yang merupakan seorang mahasiswa di ISI Padang Panjang dan berhasil menjadi pemenang dengan membawa karakternya yang menjadi maskot unggulannya, si Hasa.

baca juga: Dua Agenda yang akan Digelar Pemko Pariaman Peringati Harganas

BKKBN melakukan sayembara tersebut sejak 15 Oktober-15 November 2019 dengan seluruh peserta yang berjumlah 43 orang. Dari jumlah peserta yang ikut, BKKBN Perwakilan Provinsi Sumbar menyaring 13 peserta terbaik dan mengerucutkannya jadi 5 terbaik serta dari jumlah itu akan ditentukan juara 1, 2 dan 3. 

Presentasi 5 peserta terbaik dilaksanakan pada Senin (19/11) bertempat di Kupi Batigo. 5 Maskot terbaik sebelum pemenang ditentukan yakni si Hasa, si Mala (Mandeh Balam) dibuat oleh Kartika Tri Purnama, Silu (Fungsi Keluarga) dibuat oleh Fahrozi, Krulu dibuat oleh Sepri Alvino dan Kumi dibuat oleh Wahyu Akbar. Kriteria pemenang ditentukan oleh dewan juri yang berasal dari pihak BKKBN dan tenaga profesional di bidang ilustrasi dan gambar yakni Dosen Fakultas Ilmu Budaya Unand Pramono, Dosen DKV ISI Padang Panjang Olyvianda Ariesta dan Kepala Seksi Promosi BKKBN Fimela Apriany.

baca juga: Masyarakat Sumbar Selalulah Pakai KB Selama Pandemi COVID-19!

Kepala perwakikan BkkbN Sumbar, Syahruddin mengatakan maskot ini bertujuan untuk meramaikan pergelaran Harganas 2020. Menurutnya, maskot yang ditentukan jadi pemenang akan membawa semangat BKKBN dalam menyelenggarakan Harganas yang nantinya akan digunakan pada baju, sovenir dan lainnya pada kegiatan tersebut.

"Nantinya saat orang liat maskot tersebut, orang sudah tau kalau itu digunakan untuk Harganas 2020 di Sumbar," kata Syahruddin.

baca juga: Irwan Prayitno: Ketahanan Keluarga Penting untuk Menghadapi Pandemi COVID-19

Lebih lanjut Syahruddin mengucapkan teirmakasih atas seluruh pihak yang terlibat dan antusiasme peserta se-Indonesia.

"Terimakasih kepada pihak dan tokoh-tokoh yang terlibat dalam lomba maskot Harganas ini," ucap Syahruddin.

baca juga: DPR: Berdayakan Posyandu dan Penyuluh KB dalam Penanganan COVID-19

Pada kesempatan tersebut, Syahruddin juga mengungkapkan bahwa BKKBN dan pihak pemerintah daerah terus berupaya untuk melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut Harganas 2020. Hingga November 2020, BKKBN Perwakilan Provinsi Sumbar telah menyiapkan hal-hal dasar seperti waktu pelaksanaan, penentuan maskot, lokasi puncak acara, serta pembuatan web Harganas 2020 untuk akses mudah mengenai kegiatan itu.

"Kita belum bisa menentukan berapa presentase dari persiapan Harganas 2020, namun kita terus berupaya melakukan yang terbaik dan selalu menyiapkan segala hal," katanya.

Diharapkannya, usai didapatkannya maskot Harganas 2020, BKKBN Sumbar dapat lebih cepat lagi dalam menyiapkan proses Harganas 2020.(*)

Penulis: Khadijah