Perlihatkan Map Merah, Fadli Zon Ungkap Jabatan Soekarno di Muhammadiyah

Fadli Zon tunjukkan dokumen milik Soekarno
Fadli Zon tunjukkan dokumen milik Soekarno (Twitter)

KLIKPOSITIF -- Muhammadiyah , ormas Islam terbesar di Indonesia ini merayakan Milad ke 107. Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon ikut memberi ucapan selamat kepada Muhammadiyah .

Melalui video di Twitter yang diunggah pada Senin (18/11/2019), Fadli Zon juga mengungkapkan jabatan Soekarno di Muhammadiyah .

baca juga: 99 Daerah Kini Masuk Zona Hijau

Dalam video berdurasi sekitar satu menit ini, Fadli Zon awalnya mengucapkan, "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat Milad ke-107 Muhammadiyah ".

Sambil memperlihatkan map merah yang berisi beberapa lembar dokumen, Fadli mengatakan bahwa itu merupakan surat yang ditandatangani oleh Soekarno saat menjadi pengurus Muhammadiyah di Bengkulu.

baca juga: Mendag Ancam Tutup Pasar Jika Pedagang Tak Patuhi Protokol Kesehatan

"Saya mengeluarkan dokumen berisi surat dan tanda tangan Bung Karno, keputusan-keputusan Bung Karno ketika berada di pengasingan di Bengkulu tahun 1938 - 1942. Di sini Bung Karno menandatangani keputusan sebagai Ketua Dewan Pengajaran Muhammadiyah Daerah Bengkulu," ungkap Fadli Zon.

Ia juga menjelaskan bahwa saat Soekarno di asingkan di Bengkulu, tokoh Prokamasi ini aktif menjadi pengurus Muhammadiyah hingga bertemu dengan Fatmawati.

baca juga: Legislator: Reshuffle Kabinet Hak Prerogatif Presiden

"Jadi Bung Karno adalah pengurus Muhammadiyah di Bengkulu ketika beliau diasingkan dan di sini pula bertemu ibu Fatmawati. Ini adalah bukti-bukti yang bersejarah ada sekitar 12 keputusan dan surat yang menunjukkan tanda tangan Bung Karno masih berbeda dengan tanda tangan ketika Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Fadli Zon.

"Sekali lagi selamat Milad ke-107 Muhammadiyah , Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," tutupnya.

baca juga: Ingat, Ini Panduan Pemotongan Hewan Kurban di Tengah Pandemi COVID-19

Video Fadli Zon ini telah dilihat lebih dari 62 ribu kali. Bahkan sudah ada lebih dari 1400 warganet yang menyukai unggahan tersebut.

Sebelumya, acara Milad Muhammadiyah ke-107 berlangsung di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (18/11/2019) dengan tema "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa".

Sekitar 10 ribu warga dan simpatisan diperkirakan hadir di resepsi pada Senin malam. Turut hadir dalam acara Milad Muhammadiyah ke-107, yakni Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

"Dipilihnya UMY karena memiliki kesesuaian dengan launching Muhammadiyah Online University. Dalam perkuliahan yang telah dijalankan, UMY telah melakukan uji coba program pendidikan daring. Meskipun demikian, kampus online yang akan di-launching nanti bukan hanya diurusi oleh UMY, tapi diurusi lima Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) lain," ungkap Rektor UMY Gunawan Budiyanto dalam konferensi pers pada Sabtu (16/11/2019). (*)

Sumber: Suara.com

Penulis: Eko Fajri