Tak Diberi Tanda, Abrasi Tugu Merpati Muaro Lasak Ancam Keselamatan Pengunjung

Abrasi pantai merusak pondasi Monumen Tugu Merpati Muaro Lasak, Kota Padang
Abrasi pantai merusak pondasi Monumen Tugu Merpati Muaro Lasak, Kota Padang (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Abrasi pantai yang menyebabkan pondasi dari Monumen Tugu Merpati Muaro Lasak ambruk memakan korban. Salah seorang pengunjung terjatuh di lokasi tersebut.

"Beberapa hari lalu saya terjatuh disekitaran tugu perdamaian, saya berdiri di atas bebatuan dan langsung ambruk," kata Khadijah (24), Selasa 19 November 2019 di Padang.

baca juga: Audy Joinaldy Bantu Warga Korban Abrasi di Pessel

BACA JUGA : Pasca Abrasi, Tugu Merpati Perdamaian Semakin Memprihatinkan

Dia mengaku karena tidak adanya papan himbauan yang dipajang di sekitar tembok pembatas antara bibir pantai dengan bangunan ditepian pantai membuatnya jatuh dan beberapa bagian kakinya luka ringan.

baca juga: Abrasi Pantai Rusak Rumah Warga di Kawasan Pantai Air Manis Padang

Meskipun hanya mengalami luka-luka yang tidak begitu parah di bagian kakinya, namun Khadijah berharap agar pihak terkait memajang papan peringatan di kawasan tersebut agar tidak terjadi kejadian yang sama.

"Saya lihat banyak pengunjung yang berdiri di sana, bahkan ada anak-anak juga," sambung dia.

baca juga: Ini Cara BPBD Padang Untuk Menyelamatkan Tugu Merpati dari Abrasi Pantai

Hal senada juga disampaikan oleh seorang mahasiswa di Padang Siska 21 tahun, menurutnya kawasan yang terkena dampak abrasi harus diberikan pagar agar pengunjung tidak masuk ke kawasan tersebut.

LANJUTKAN MEMBACA :  Tugu Merpati Terancam Ambruk, Kepala BNPB: Perlu Solusi Permanen

baca juga: Abrasi Pantai Landa Kawasan Konservasi Penyu di Pessel

"Di sana tidak ada tulisan dilarang atau plang peringatan agar pengunjung menjauhi kawasan bangunan yang pecah karena dampak abrasi. Yang ada hanya tulisan dilarang berjualan di kawasan itu," kata Siska.

Dia berharap, agar pemerintah segera bertindak untuk memperbaiki bangunan atau tembok batas yang rusak tersebut sebab membahayakan bagi pengunjung. Paling tidak, saran dia, ada solusi sementara agar pengunjung aman berada di lokasi itu.

"Paling tidak dipasang papan peringatan atau larangan agar masyarakat berhati-hati," ulas dia.

Dari pantauan KLIKPOSITIF di lapangan, Selasa 19 November 2019 tampak tembok pembatas antara bangunan tugu perdamaian dengan batu pemecah ombak mulai retak dan runtuh. Di kawasan tembok yang retak-retak, tampak setumpuk karung berisi pasir disusun.

Tembok bangunan Tugu Merpati Perdamaian di Kota Padang Sumatera Barat mulai retak, dan ambruk. Untuk diketahui belum sampai sebulan ini Kepala BNPB Doni Monardo didampingi Wagub Sumbar Nasrul Abit melihat langsung abrasi pantai yang menyebabkan beberapa bagian pondasi Tugu Merpati rusak. (*) 

Penulis: Joni Abdul Kasir