Pengamat: Pengamanan dan Layanan Jadi Catatan Penting bagi RSUP M Djamil

Rumah Sakit Pusat M Djamil Padang
Rumah Sakit Pusat M Djamil Padang (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pengamat Hukum Kesehatan Universitas Ekasakti Padang, Firdaus Diezo menyebut ada dua catatan penting yang harus diperhatikan oleh pihak Rumah Sakit Pusat M Djamil Padang terkait jenazah yang dibawa pulang dengan ojek online pada Selasa, 19 November 2019.

"Catatan itu yakni soal pelayanan dan keamanan. Pelayanan yang diberikan seharusnya dimudahkan dan tidak membuat masyarakat bingung. Jangan lagi masyarakat merasa diopor-opor dengan pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit. Jika layanan di kasir tak mampu mengcover dengan baik diberikan solusi yang bisa cepat dalam menyelesaikannya," katanya saat dihubungi, Rabu, 20 November 2019.

baca juga: Bantu Percepatan Kesembuhan, Manajemen RSUP M. Djamil Ajak PDP COVID-19 Senam Gembira

BACA JUGA: Terkait Jenazah yang Dibawa dengan Ojek Online, Pengamat: Rumah Sakit Harus Pangkas Prosedur Administrasi

Ia mengatakan pihak RSUP M Djamil juga harus berani memangkas sistem yang dinilai menyusahkan masyarakat. "Tidak semua masyarakat tahu prosedur yang dilalui di rumah sakit. Mereka tentunya lebih memikirkan kesembuhan keluarga yang dirawat, uang untuk membayar dan keluarga yang ditinggalkan di rumah. Sehingga wajar jika mereka bingung dengan prosedur yang harus dijalani. Maka jalannya pihak rumah sakit harus bisa memangkas prosedur itu," tuturnya.

baca juga: Mulai Hari Ini, Setiap Pasien IGD RSUP Dr M Djamil Padang Dilayani Sesuai Standar COVID-19

Hal kedua yang menjadi catatan yakni soal pengamanan di rumah sakit. "Bagaimana sebenarnya pengamanan yang dilakukan di rumah sakit? Bagaimana sorang jenazah bisa keluar dari ruangannya dengan mudah. Dari video yang beredar, ojek online yang membawa terlihat tak ada perlawanan dari siapapun sehingga wajar saja ada pertanyaan bagaimana pengamanan di rumah sakit," jelasnya.

BACA JUGA:Ini Hasil Penelusuran Sementara Ombudsman Terkait Jenazah yang Ditahan di M Djamil

baca juga: Diduga Terlantarkan Pasien Bayi Hingga Meninggal, Ini Klarifikasi Dirut RSUP Dr M Djamil Padang

Menurutnya dengan kejadian itu membuktikan bahwa tingkat kepercayaan pasien sudah berkurang ke pihak rumah sakit. "Ini rumah sakit pemerintah yang dianggap tidak mampu menjaga keamanan yang ada disana. Apalagi ini berkaitan dengan jenazah. Bisa jadi nantinya ada hal lain yang bisa terjadi disana karena pengamanan yang tak baik seperti pencurian alat kesehatan dan sebagainya," katanya.

"Ini harus jadi catatan dan perhatian dari pihak rumah sakit agar tidak terulang lagi di masa mendatang. Sehingga pelayanan dan keamanan bisa terjaga dengan baik serta memberikan kepuasan kepada masyarakat atau pasien yang ingin sehat," jelasnya. (*)

baca juga: Terkait Status Wawako Solok di FB, Ini Klarifikasi RSUP Dr M Djamil Padang

Penulis: Fitria Marlina