Bermimpi Didatangi Seorang Kakek, Ibu Muda di Agam Melahirkan Tanpa Kehamilan

Dewi Rosnita (Jilbab Kuning)
Dewi Rosnita (Jilbab Kuning) (Rezka/KLIKPOSITIF)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Kejadian langka dan tidak biasa terjadi di Jorong Kubu Baru, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam -Sumbar. Seorang warganya melahirkan bayi sehat tanpa mengalami kehamilan.

Dewi Rosnita (28) adalah sang ibu yang melahirkan bayi perempuan seberat 3 kilogram itu. Menurutnya, tidak ada tanda-tanda kehamilan pada dirinya sebelum lahirnya anak ketiga yang kemudian diberi nama Anugerah Putri Hidayati.

baca juga: Kota Padang dan Kabupaten Agam Zona Merah COVID-19, Ini yang Seharusnya Diterapkan

Dewi menceritakan, Anugerah lahir Minggu 17 November 2019 sekitar pukul 22.30 WIB. Saat itu, Dewi yang sedang asik menonton bersama Suami, Untung Hidayat (28), tiba-tiba ingin buang air kecil.

Di kamar mandi, wanita yang sehari-hari bertani itu sangat terkejut karena tiba-tiba ia melahirkan seorang bayi. "Saya terkejut dan berteriak memanggil suami. Bayi saya juga spontan nangis," kata Dewi menjawab KLIKPOSITIF .com di kediaman orang tuanya di Jorong Kubu, Rabu 20 November 2019.

baca juga: Jalan Bukittinggi-Medan Amblas, Berpuluh Kendaraan Antri

Saat bayi lahir, pasangan ini tidak menemukan tali pusar ataupun placenta. Tubuh bayi pun bersih tanpa darah. Sang suami langsung mendatangi rumah bidan desa yang tidak jauh dari rumah mereka.

"Saya merasa ini sangat aneh, karena sebelumnya saya tidak hamil. Minggu pagi saya juga masih beraktifitas ke sawah seperti biasa," ungkap Dewi.

baca juga: Hari Ini Agam Ditetapkan Jadi Zona Merah COVID-19

Sementara itu menurut Hidayat, sebelum melahirkan, istrinya sempat bermimpi didatangi seorang kakek, Kamis malam 15 November 2019. Dalam mimpi itu, si kakek memberikan seorang bayi dan meminta Dewi untuk merawatnya.

"Rawatlah bayi ini. Dia sebatang kara tidak memiliki siapa-siapa lagi," kata Hidayat menirukan ucapan kakek.

baca juga: Agam Tambah 11 Kasus Positif COVID-19, Terendah dalam Sepekan Terakhir

Hidayat tidak mengerti apa yang terjadi pada istrinya. Yang jelas, katanya, Dewi tidak pernah hamil. "Tidak pernah periksa ke dokter. Istri saya datang bulannya juga teratur," jelasnya.

Kaminah (67) mertua Dewi mengaku selama ini tidak ada tanda-tanda kehamilan pada Dewi. Ia terkejut mendengar menantunya melahirkan.

"Perasaan bingung dan senang bercampur. Tidak pernah hamil, tiba-tiba cucu saya lahir," katanya.

Ditemui terpisah, bidan desa yang membantu penanganan medis Dewi menolak memberikan komentar banyak. Namun ia mengakui ada yang tidak biasa dalam proses lahiran Dewi.

"Informasi lengkapnya silahkan tanya ke Puskesmas Maninjau," kata bidan desa yang tidak mau disebutkan namanya.

Lahirnya Anugerah sontak membuat warga kampung heboh. Mereka yang penasaran ingin tau kejadian sebenarnya, silih berganti mendatangi rumah orang tua Hidayat.

Sejak Senin hingga Rabu sore, rumah sederhana semi permanen itu selalu ramai. Informasi itu juga dengan cepat beredar di media sosial.

Penulis: Rezka Delpiera