8 Jam Putus, Jalur Sumbar Riau Kembali Bisa Dilewati

longsor yang terjadi di Jorong Koto Marapak, Nagari Persiapan Hulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota,
longsor yang terjadi di Jorong Koto Marapak, Nagari Persiapan Hulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, (Ist)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF -- Pasca longsor yang terjadi di Jorong Koto Marapak, Nagari Persiapan Hulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota , jalur penghubung Provinsi Sumbar dan Provinsi Riau kembali bisa dilalui. Sebelumnya, sejak pukul 21.00 WIB akses lintas provinsi tersebut tidak bisa dilalui karena jalan tertutup material longsor .

Kepala BPBD Limapuluh Kota Joni Amir melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Rahmadinol mengatakan, sempat terjadi kemacetan akibat jalur putus. Kendaraan sama sekali tidak bisa lewat dan akses penghubung dua provinsi ini pun harus putus hingga 8 jam.

baca juga: Sempat Tersendat Akibat Longsor, Jalur Sumbar Riau Kini Sudah Lancar

"Lalin Payakumbuh - Pekanbaru baru bisa di lewati mobil pukul 05.00 WIB dan baru lancar sekitar pukul 06.00 WIB," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik di Grup WhatsApp Info Bencana Luak 50.

Ia menjelaskan bahwa saat longsor jalan ditutupi oleh material tanah lumpur, bebatuan, dan kayu. Menurutnya material tersebut baru bisa dibersihkan sekitar pukul 04.00 WIB dinihari, Minggu 24 November 2019 menggunakan satu alat berat.

baca juga: Padang Dilanda Banjir, Semen Padang Turunkan TRC

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat longsor yang terjadi di kelok 17 itu. Pembersihan ini dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dibantu pihak kepolisian, TNI, dan warga sekitar," katanya.

Sementara itu, Polres Limapuluh Kota melalui Kasat Lantas Polres Limapuluh Kota , AKP Erman mengatakan macet cukup panjang memang terjadi di jalur Sumbar-Riau dari dua arah.

baca juga: Satu Nagari di Padang Pariaman Terisolasi Akibat Longsor

"Saat kejadian kami mengimbau kepada pengendara R2 dan R4 untuk sabar dan berhati-hati karena kondisi cuaca yang cukup ekstrem serta kondisi alam sekitar yang rawan longsor ," ujarnya

Ia menjelaskan bahwa sebelum Subuh, akses jalur antar provinsi ini telah dapat dilalui dan pagi hari sudah normal kembali. Namun pihaknya sempat melakukan sistem buka tutup hingga material longsor benar-benar bersih.

baca juga: Ikut Antar Cabup Positif Corona Mendaftar di KPU, Begini Kondisi Fadli Zon dan Andre Rosiade

(Ade Suhendra)

Penulis: Rezka Delpiera