Longsor di Solsel, Ribuan Warga Terisolasi

Jembatan Sungai Pangkua KPGD Solsel putus dihantam banjir,
Jembatan Sungai Pangkua KPGD Solsel putus dihantam banjir, (Ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF -- Longsor di Pinti Kayu, Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan KPGD, Kabupaten Solok Selatan ( Solsel ) mengakibatkan akses jalan di daerah itu putus total. Akibatnya, ribuan warga setempat terisolasi, Minggu malam 24 November 2019.

Camat KPGD Syahrul mengatakan, untuk sementara tidak ada laporan korban jiwa dalam persitiwa tersebut. Namun, material longsor menutup akses masyarakat yang akan menuju maupun keluar dari Pinti Kayu.

baca juga: DPRD Solsel Selamatkan Silpa Anggaran 66 Miliar Rupiah

" Longsor di dua titik yang terjadi sekitar pukul 21.15 WIB di Jorong Pasir Putih dan sebelum Kantor Wali Nagari Pakan Rabaa Timur. Sekitar 2000 jiwa malam ini terisolasi," ujar Camat KPGD Syahrul Minggu malam 24 November 2019.

Dia mengaku sudah melaporkan kejadian tersebut ke BPBD setempat.

baca juga: Anggota DPRD Solsel Minta Pemkab Perbaikan Ruas Jalan Abai-Muara Sangir

"Sudah dilaporkan tetapi kemungkinan hanya bisa dikerjakan besok pagi, karena masih turun hujan," ujarnya.

Kepala BPBD Solsel Richi Amran membenarkan telah menerima laporan tersebut.

baca juga: Ketidakhadiran Plt Bupati pada Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Ranperda Tuai Instruksi, Ternyata Ini Sebabnya

"Benar ada longsor di Pinti Kayu yang menutup akses warga. Besok pagi alat berat dari posko bencana Liki kami kerahkan kesana,"ujarnya.

Selain longsor tersebut, malam ini juga terjadi banjir yang menghanyutkan satu unit jembatan di Sungai Pangkua KPGD. Di Nagari Pasir Talang Timur juga sedang terjadi banjir .

baca juga: Pasangan Jon Matias-Jufrial Serahkan Syarat Dukungan Perbaikan Kepada KPU Solsel

(Kaka)

Penulis: Rezka Delpiera