Dibutuhkan Inovasi untuk Menjadikan Payakumbuh Sebagai Kota Tujuan Wisata

Kota Payakumbuh.
Kota Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh Andiko Jumarel bertekad untuk bisa mengubah posisi daerah tersebut dari kota persinggahan wisatawan menjadi kota tujuan wisata.

Diakuinya, untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan kerja keras dari semua pihak. Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh sendiri terus berupaya untuk menarik wisatawan dengan menggelar berbagai event, seperti sport tourism ataupun event kebudayaan dan seni lainnya.

baca juga: Pemko Payakumbuh dan BNN Deklarasikan Kelurahan Bersinar

"Selama ini kota kita masih menjadi persinggahan, inovasi yang kita buat bagaimana Payakumbuh menjadi kota tujuan," kata Andiko, beberapa waktu lalu.

"Olahraga Tradisi seperti Pacu Itik, Pacu Jawi, dan Pacu Kudo bisa menggaet perhatian khalayak banyak, kita sudah menjadwalkan alek-nya dalam kalender pariwisata di Payakumbuh ," katanya.

baca juga: Terpilih di TC GSI Nasional, Sebanyak 3 Pelajar SMP Payakumbuh Berpeluang Tembus Timnas U-16

Andiko menambahkan, pelaku olahraga tradisi akan terus diberikan dorongan, berangkat dari mempertahankan tradisi sebagai upaya pelastarian budaya dan pengembangan pariwisata sebagai peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kita ingin melihat juga bagaimana alek tersebut dikemas oleh penyelenggara sedemikian rupa sehingga memiliki ciri khas tersendiri di mata wisatawan, tentu saja kreativitas pelakunya dituntut di sana," kata Andiko.

baca juga: Kembangkan Tenun Balai Panjang, Pemko Payakumbuh dan BI Sumbar Tandatangani Nota Kesepahaman

Menurut Andiko, untuk bisa menjadikan Payakumbuh sebagai kota tujuan wisata tidak bisa hanya dengan menggelar berbagai event tersebut. Hal yang lebih penting menurut Andiko adalah memberikan rasa nyaman terhadap wisatawan ketika berada di Kota Payakumbuh , sehingga mereka merasa betah untuk berlama-lama.

"Apabila nantinya mereka betah, maka mereka juga berbelanja berkeliling kota kita. Jangan sampai karena tidak bagusnya prilaku kita nanti para turis tidak nyaman di Payakumbuh , hal ini akan menjadi penilaian tersendiri oleh dunia luar," kata Andiko. (*)

baca juga: Ini Kata Pertamina Region I Terkait Rembesan Tanki Pertalite di SPBU Payakumbuh

Penulis: Taufik Hidayat