Beredar Video Peserta Seleksi Calon Kafilah MTQ Nasional Mundur, Ini Komentar Wagub Sumbar

Wagub Sumbar Nasrul Abit
Wagub Sumbar Nasrul Abit (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Seleksi calon kafilah Sumatera Barat (Sumbar) yang akan bertanding MTQ Nasional 2020 dicedrai dengan pengunduran diri dari belasan peserta seleksi.

Mereka memprotes kepada penyelengga dalam hal ini Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar. Protes tersebut terekam dan menyebar di media sosial.

baca juga:

Dalam video berdurasi 01.05 menit itu seorang pemuda ditemani belasan temannya melakukan protes kepada pengurus LPTQ yang sedang berbincang-bincang di Hotel Amaris Padang.

Belasan peserta seleksi yang berkiprah di dunia kaligrafi itu memprotes ketidakadilan panitia seleksi terhadap peserta calon kafilah yang berasal dari Sumbar diperlukan tidak dengan baik. Sementara peserta dari luar Sumbar mendapatkan perlakuan lebih.

baca juga:

Menanggapi hal Ketua LPTQ Sumbar Nasrul Abit berjanji akan mencari kebenaran dari informasi tersebut. Menurutnya dibenarkan membedakan calon kafilah dalam seleksi.

"Sore ini kami akan rapat, saya akan minta keterangan yang sebenarnya," katanya kepada KLIKPOSITIF , Senin, 25 November 2019.

baca juga:

Ditegaskannya, Pemprov Sumbar sangat memprioritaskan putra daerah dalam seleksi kafilah. Namun juga melibatkan mereka yang masih memiliki hubungan darah dengan Sumbar.

"Saya akan minta nilai rillnya kepada tim pelatih, berapa Passing Gradenya. Kalau nilai rendah ya tidak kita ambil," ujarnya.

baca juga:

"Saya sudah tegaskan tidak ada orang luar. Mereka yang ikut seleksi memiliki hubungan darah dengan Sumbar," tambahnya.

Untuk diketahui, hingga beri ini diturunkan Pemprov Sumbar dan pengurus LPTQ Sumbar sedang melakukan rapat di ruang kerja Wakil Gubernur. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir