Debit Air Sungai Besar, Jembatan Batang Paman di Padang Pariaman Runtuh

Jembatan Batang Paman yang runtuh
Jembatan Batang Paman yang runtuh (Istimewa)

PADANG PARIAMAN , KLIKPOSITIF -- Hujan deras semenjak Minggu 24 November 2019 siang hingga Senin 25 November 2019 dinihari di wilayah Kecamatan V Koto Timur, Padang Pariaman , membuat jembatan Batang Paman, Korong Patamuan runtuh.

Ketua Pemuda Korong Patamuan, Puri, menyebutkan jembatan Batang Paman ini runtuh setelah disapu air sungai yang sangat besar akibat curah hujan yang tinggi.

baca juga: Ini Daerah-daerah di Padang Pariaman yang Miliki Potensi Bencana Alam

Jembatan itu diketahui terputus sekitar pukul 17.55 WIB pada hari Minggu sore, saat kawasan itu diguyur hujan lebat. 

"Ini jembatan Batang Paman adalah satu-satunya akses masyarakat untuk keluar masuk dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Baik siswa-siswi yang pergi menuju sekolah maupun masyarakat yang pergi membeli kebutuhan di Pasar Padang Alai yang mesti menempuh jembatan ini," kata dia.

baca juga: Tragis, Sopir Angkot di Pasar Lubuak Aluang Jadi Korban Penusukan

Sementara itu Wali Nagari Gunung Padang Alai Muslim Nur mengungangkapkan, akibat jembatan Batang Paman ini terputus, ada sekitar 300 KK (kepala keluarga) di Korong Patamuan yang merasakan dampaknya, karena untuk ke luar kampung harus berputar jauh menempuh jarak sekitar 15 kilometer.

"Kami dari pemerintahan Nagari Gunung Padang Alai berupaya memasukan surat ke dinas Pekerjan Umum (PU) agar bisa ditindak lanjuti secara cepat, sehingga warga kembali bisa beraktivitas seperti semula," sebut dia.

baca juga: Polres Pariaman dan Padang Pariaman Tangkap Kelompok Pencuri Motor

[Rehasa]

Penulis: Iwan R