Baru Sehari Dibuka, Bawaslu Pessel Sudah Terima 30 Berkas Lamaran Panwascam Pilkada 2020

Suasana pendaftaran hari pertama Rabu (27/11) kemari di Kantor Bawaslu Pesisir Selatan
Suasana pendaftaran hari pertama Rabu (27/11) kemari di Kantor Bawaslu Pesisir Selatan (KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Badan Pengwas Pemilu Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat sudah mulai membuka pendaftaran hari pertama penerimaan Panwascam Pilkada 2020, Rabu, 27 November 2019 kemarin.

Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison mengungkapkan, hari pertama pendaftaran pihaknya sudah menerima sebanyak 30 orang calon peserta. Dari 30 orang tersebut, masih ada beberapa perwakilan kecamatan lagi yang belum mendaftar.

baca juga: Ini Jumlah DPS di Tanah Datar

"Yang belum mendaftar, Kecamatan Lengayang, Ranah Pesisir, Air Pura, BAB Tapan, Rahul Tapan, Lunang dan Silaut," ungkapnya saat dihubungi KLIKPOSITIF .

Sedangkan yang sudah mendaftar, katanya, itu baru dari Koto XI Tarusan sebanyak 4 orang, Bayang 6 orang, Bayang Utara 4 orang, IV Jurai 6 orang, Batangkapas 2 orang, Sutera 3 orang, Linggo Sari Baganti 6 orang dan Kecamatan Pancungsoal 4 orang.

baca juga: Terciduk, Seorang Warga Pessel Diamakan Polisi Saat Transaksi Narkoba

"Pada hari pertama ini, kami Bawaslu Pesisir Selatan telah menerima berkas pendaftaran dan telah diberi tanda pendaftaran," terangnya.

Sesuai jadwal, menurut Erman Wadison, pihaknya membuka pendaftaran hingga tanggal 3 Desember 2019 nanti. Jadi bagi para perserta yang ingin bergabung disarankan untuk segera mendaftar.

baca juga: Kasus COVID di Pessel Bertambah 9 Orang, 5 Diantaranya Petugas RSUD Painan

"Yang belum sempat pada hari pertama, masih ada waktu enam hari lagi. Dan kami mengimbau seluruh sababat-sahabat, pastikan berkas pendaftarannya dinyatakan lengkap sebelum mendaftar," jelasnya.

Sementara hingga pukul 10.30 WIB, Kamis 28 November 2019 hari kedua ini, Bawaslu Pesisir Selatan belum merekap jumlah pendaftar. Hanya saja sudah banyak peserta yang mulai melakukan pendaftaran tepatnya di Kantor Bawaslu di Painan.

baca juga: KPU Lima Puluh Kota Minta Masyarakat Proaktif Cermati DPS

Diketahui melihat persyaratan yang telah ditentukan Bawaslu Pesisir Selatan disebutkan :

1. Umur usia saat mendaftar 25 tahun.

2. Memilih bukti KTP berdomisili diwilayah kabupaten setempat. Meskipun lahirnya di Pesisir Selatan tapi tidak punya KTP atau KTP Kabupaten lain, maka tidak memenuhi syarat.

3. Tidak anggota partai politik atau telah mengundurkan diri sedikitnya 5 tahun pada saat mendaftar.

4. Tidak pernah menjadi anggota tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD, DPRD dan pasangan calon kepala daerah sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 tahun.

5. Pendidikan terakhir SLTA atau sederajat.

6. Bagi PNS yang mendapatkan izin dari atasan langsung mendaftar dan persyaratan lainnya bisa dilihat di laman Bawaslu atau kantor Bawaslu Pesisir Selatan pungkasnya. [Kiki Julnasri]

Penulis: Eko Fajri