Pengungsi Banjir Bandang Solsel Alami Maag Akut Hingga Diare

Dokter periksa kondisi kesehatan pengungsi
Dokter periksa kondisi kesehatan pengungsi (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

SOLSEL , KLIKPOSITIF  -- Para pengungsi banjir bandang di Jorong Sapan Salak, Kenagarian Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok Selatan mulai mengalami sakit. Mereka mengalami sakit maag, ispa dan diare.

"Dari hari pertama kabanyakan masyarakat terkena maag akut. Mungkin karena beban pikiran dan stres pasca bencana banjir bandang ," ujar dokter dari Puskesmas Pakan Rabaa, dr Riana, Kamis 28 November 2019.

baca juga: Ini Pelanggaran yang Mendominasi Selama Dua Hari Operasi Zebra di Solsel

Ia mengatakan, bahwa pada hari kelima bencana, masyarakat sudah mulai terserang ispa dan diare karena kurangnya persediaan air bersih.

"Diare ini karena kurangnya MCK dan juga air yang masih belum bersih," lanjutnya.

baca juga: Nasrul Abit : Jalan Tembus Solsel-Dharmasraya Potensi Ekonominya Luar Biasa

Ia mengatakan, hingga hari keempat tanggap darurat, pihaknya telah memeriksa sebanyak 70 orang masyarakat yang berada di tempat pengungsian.

"Untuk hari ini kami memeriksa sebanyak 25 orang pengungsi dan dari data yang telah kami periksa, ada beberapa anak yang mengalami diare," lanjutnya.

baca juga: Terima Laporan Warga yang Bingung Dimana Harus Lakukan Swab, Ini Jawaban Jasman

Ia berharap agar pengungsi tidak mengalami penyakit lainnya, pemerintah setempat harus menyediakan pasokan air bersih dan MCK yang memadai.

[Halbert Caniago]

baca juga: Jasman: Bawaslu Solsel Diminta untuk Lebih Tegas Menindak ASN Tak Netral

Penulis: Iwan R