Jelang Pilkada Serentak 2020, Pemilih Pemula Kota Payakumbuh Diminta Jauhi Hal Ini

Kegiatan Pendidikan Politik Goes To School sekaligus sosialisasi Pilkada Serentak 2020 bagi pemilih pemula di Kota Payakumbuh.
Kegiatan Pendidikan Politik Goes To School sekaligus sosialisasi Pilkada Serentak 2020 bagi pemilih pemula di Kota Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Asisten III Setdako Payakumbuh Amriul Dt. Karayiang mengingatkan para pemilih pemula di Kota Payakumbuh untuk tidak mudah tergoda dengan politik uang, politik yang menggunakan isu SARA, serta politik dengan provokasi dan hoaks.

Pemilih pemula sendiri adalah mereka yang untuk pertama kali menggunakan hak konstitusionalnya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2020 nanti.

baca juga: Buka Workshop Pengamalan Nilai-nilai ABS-SBK, Supardi: Pendidikan Moral Penting Ditekankan pada Generasi Muda

Amriul menyebut, peran pemilih pemula untuk menyukseskan Pilkada 2020 nanti cukup vital karena persentasenya yang cukup besar.

"Politik uang, isu SARA, serta politik provokasi dan hoaks ini dapat memecah belah persatuan dan kesatuan kita sebagai anak bangsa," kata Amriul Dt Karayiang ketika menghadiri kegiatan Pendidikan Politik Goes To School sekaligus sosialisasi Pilkada Serentak 2020 bagi pemilih pemula di Kota Payakumbuh , Kamis (28/11) kemarin.

baca juga: Tim Basket Kota Payakumbuh Tersingkir Dari Perbasi Cup II di Padang

Menurut pendidikan politik berperan penting sebagai media penyampaian konsep politik yang memiliki tujuan akhir untuk membuat pemilih pemula menjadi lebih peka terhadap politik.

"Pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dimana rakyat dapat memilih pemimpin politik secara langsung baik lembaga perwakilan tingkat pusat maupun tingkat daerah," lanjutnya.

baca juga: Kejari Payakumbuh Tak Tutup Kemungkinan Adanya Tersangka Baru Terkait Dugaan Korupsi Penyimpangan Dana COVID-19

Sementara itu, kepala kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh , Budhy Dharma Permana mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan sarana pendidikan politik bagi pemilih pemula.

"Bagi masyarakat terutama para kaum milenial yang di dalamnya juga termasuk para pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilihnya untuk pertama kali pada Pilkada serentak September 2020 nanti," ungkap Budhy.

baca juga: Kuasa Hukum Ungkap Alasan Kadinkes Payakumbuh Ajukan Surat Penangguhan Penahanan

Kegiatan sosialisasi juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada serentak September 2020 di Kota Payakumbuh .

"Masyrakat Kota Payakumbuh diharapkan bisa mengetahui dan memahami tata cara Pilkada serentak 2020. Perwakilan yang menerima sosialisasi ini nantinya diharapkan juga akan ikut Mensosialisasikan ke lingkungannya masing-masing demi kesuksesan pelaksanaan Pilkada serentak nantinya," pungkasnya. (*)

Penulis: Taufik Hidayat