Mendagri Minta Parpol Buat Kebijakan Berlandaskan Hal Ini

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (Kemendagri)

KLIKPOSITIF -- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta Partai Politik (Parpol) membuat kebijakan yang berlandaskan Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hal itu dikatakannya saat menghadiri Pendidikan Partai Politik Golkar di Merlyn Park Hotel, Jakarta.

baca juga: Lampu Hijau FIFA, PSSI Resmi Bursa Transfer Liga 1 2020

"Parpol juga memiliki peran penting dalam pembuatan kebijakan ini. Tolong dibuat kebijakan-kebijakan yang pro kepada Pilar-pilar NKRI, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika," kata Mendagri.

Menurutnya, nilai-nilai yang terkandung di dalam pilar tersebut dapat dirumuskan menjadi sebuah landasan kebijakan maupun dalam regulasi.

baca juga: Penghapusan Pelajaran Sejarah, Fadli Zon: Sejarah adalah Guru Kehidupan

"Jangan sampai kebijakan-kebijakan dibuat tanpa berlandaskan prinsip-prinsip itu. Tidak perlu disebutkan Pancasila, tapi nilai-nilainya itu masuk dalam pembuatan UU, pembuatan TAP MPR, Perda, cara berpakaian misalnya, dan seterusnya," ujarnya.

Sebagai wadah aspirasi masyarakat, Parpol juga diminta selektif dalam menampung aspirasi.

baca juga: Sandiaga Jadi Timses Menantu Jokowi, Analis: Dari Seri A ke Seri C

"Kemudian jelas Parpol juga menjalankan peran sebagai media (yang) menampung aspirasi masyarakat, aspirasi dari bawah disampaikan ke atas, tapi saring dulu. Kalau aspirasinya kira-kira bertentangan dengan pilar-pilar NKRI, jangan," jelasnya.

Dalam menjalankan rekrutmen, Parpol juga diminta untuk selektif dan memberikan penguatan pilar kebangsaan.

baca juga: Tiga Aktor Ini Dulunya Pesepak Bola, Ada yang Tembus Hollywood

"Parpol juga menjalankan peran sebagai media sosialisasi. Sosialisasi kepada masyarakat, kepala daerah dan terakhir juga dalam rekrutmen, harus diisi dengan nilai-nilai dan pilar-pilar NKRI," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengapresiasi Partai Golkar yang dinilainya telah teruji dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Dalam konteks menjaga keutuhan NKRI, Golkar adalah salah satu partai yang teruji dan sangat konsisten, sangat nasionalis. Ketika sudah bicara Pancasila, UUD 1945, pluralisme, toleransi keagamaan, keberagaman, maka Golkar dan seluruh kader Golkar posisi terdepan untuk membela itu," ungkapnya.

Ia juga berharap Partai Golkar secara konsisten mampu menjaga komitmennya dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Sekali lagi harapan saya selaku Mendagri yang menurut tupoksinya menjadi Pembina Pemerintah Daerah, menjembatani Pusat dan Daerah, sangat berharap banyak kepada Golkar untuk konsisten menjaga keutuhan NKRI. Selamat untuk Golkar, kita jaga keutuhan NKRI dan jangan berhenti untuk mensosialisasikan empat pilar: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," tutup Mendagri. (*)

Penulis: Eko Fajri