Tagline Padang Kota Tercinta Terbakar, Ini Kata Dinas Pariwisata

(Ist)

  PADANG , KLIKPOSITIF -- Tagline Padang Kota Tercinta yang baru diresmikan pada tahun 2017 lalu terletak di bukit Jalan Seberang Pabayan RT 04 RW 04 Kelurahan Batang Arau, Padang Selatan hangus terbakar pada Sabtu 30 November 2019 sekitar pukul 05.47 WIB.

Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Padang , Basril, mengatakan, untuk proses pemadaman di lokasi, menghabiskan waktu tiga jam. Pemadaman dimulai dari pukul 06.00 hingga 09.00 WIB.

baca juga: Mulai Besok, Pemko Padang Sudah Tindak Pelanggar Perda AKB

"Selama memadamkan api, ini yang terberat. Karena lokasi jauh tinggi berada di atas bukit," katanya.

Ia mengatakan, untuk memadamkan api ini, lima unit armada kebakaran dengan 70 personel ditambah satu lagi armada kebakaran Dinas kehutanan, untuk bisa memadamkan api di lokasi kejadian.

baca juga: Meningkat, DPS Pilkada di Kota Padang 615.307 Jiwa

"Kita terpaksa menyambung slang untuk bisa menjangkau titik kebakaran. Ini terberat. Seluruh stamina dan tenaga petugas pemadam terkuras habis, karena tingginya lokasi kebakaran," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang , Arfian mengatakan, pihak PU sudah ke lokasi dan melihat langsung. Mereka bilang kebakaran ini disebabkan oleh arus pendek.

baca juga: Hadapi Lonjakan Kasus COVID-19, SPH Tambah Tempat Tidur

Ia mengatakan, arus pendek tersebut disebabkan karena ulah kera yang ada di lokasi. Pihaknya akan memasang repiter untuk mencegah adanya korsleting dan arus pendek akibat ulah binatang.

"Untuk kerugian kata dari pihak PU senilai Rp200 juta. Setelah mereka bersama PLN ke lokasi, pekan depan akan dilakukan renovasi ataupun perbaikan pada icon ini," lanjutnya.

baca juga: Banyak Merawat Pasien Covid-19, Begini Kondisi di SPH

Menurutnya, saat ini ikon Kota Padang yang bertuliskan Padang Kota Tercinta itu, masih milik dinas PU.

"Saat ini icon itu masih milik PU, dan belum diserahterimakan kepada kita. Kita berharap agar cepat dilakukan serahterima, dimana kita sudah ajukan kepada PU," lanjutnya.

Ia mengatakan, tulisan Padang Kota Tercinta itu tidak seluruhnya habis terbakar. Dari kata-kata tersebut, yang habis terbakar kata Pada dan K di tulisan kota tercinta.

"Yang tinggal hanya huruf NG dan OTA tercinta saja akibat kebakaran tersebut," tutupnya. [Halbert Caniago]

Penulis: Eko Fajri