BKPSDM Pessel Terapkan Kebijakan Kawasan Bebas Asap Rokok di Kantor

Kantor BKPSDM Pessel
Kantor BKPSDM Pessel (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF  -- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Pesisir Selatan , Sumatera Barat menerapkan kebijakan kawasan bebas asap rokok di kantor organisasi perangkat daerah (OPD) setempat dalam menjaga dan menciptakan pelayanan ramah lingkungan di daerah itu.

Kepala BKP-SDM Pesisir Selatan , Ahda Yanuar mengungkapkan, penerapan kebijakan dibuat atas masyawarah seluruh ASN di Kantor OPD itu. Dengan berbagai saran dan petimbangan, seluruh ASN menyepakati kebijakan tersebut sebagai acuan untuk menjaga lingkungan kantor agar bebas asap rokok.

baca juga: Seratusan KK di Jalamu Pessel Terendam Banjir

Ia menjelaskan, kebjiakan tersebut diterapkan sejak Minggu keempat November 2019 lalu, dan hal itu cukup direspon baik oleh ASN di kantor tersebut. Bahkan katanya, dengan adanya kebijakan itu suasana kantor terasa lebih nyaman dari kondisi sebelumnya.

"Alhamdulillah dengan hasil musyawarah ini, ruang OPD kita lebih nyaman dan tidak ada lagi asap rokok," ungkapnya saat ditemui KLIKPOSITIF , Senin 2 Desember 2019.

baca juga: Diguyur Hujan, Kampung di Pessel Ini Dilanda Banjir

Menurutnya, adanya inisiatif dalam membuat kebijakan tersebut, tidak terlepas dari kesepakatan bersama seluruh ASN. Sebab, diruang kantor tersebut tidak semuanya perokok. Jadi keberadaan asap rokok acapkali dikeluhkan ASN lainnya.

"Karena segan sama temannya, malas menegur, padahal dia terganggu. Maka kita sepakati di lingkungan kantor kita ini bebas asap rokok," jelasnya.

baca juga: Bawaslu Sumbar Tegaskan Bawaslu Kabupaten dan Kota Harus Proses Seluruh Laporan Pelanggaran

Namun, katanya, tidak ada sanksi bagi ASN atau pengujung mana-pun yang kedapatan merokok. Karena, hal itu hanya ditekankan pada kesadaran saja.

"Sifatnya lebih kepada mengajak, dan tidak ada denda atau sanksi. Kita lebih utama kesadaran ASN kita saja," tutupnya.

baca juga: Bawaslu Telusuri Informasi Oknum Wali Nagari dan Camat yang Diduga Terlibat Dukung Paslon di Pessel

[Kiki Julnasri]

Penulis: Iwan R