Jelang Pilkada 2020, Warga Payakumbuh Diberikan Pendidikan Politik

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh, Budhy D Permana.
Kepala Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh, Budhy D Permana. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Kota Payakumbuh pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 nanti, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh memberikan pendidikan politik terhadap 100 orang perwakilan tokoh masyarakat dari 47 Kelurahan di Kota daerah tersebut.

"Sosialisasi ini dilakukan juga dalam Rangka untuk meningkatkan partisipasi pemilih nantinya pada Pilkada serentak September 2020 mendatang di Kota Payakumbuh ," kata Kepala Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh , Budhy Dharma Permana, Senin (2/12).

baca juga: Target Swab Masal Belum Capai Target, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Pengambilan Sampel

Budhy berharap dengan kegiatan ini masyarakat Kota Payakumbuh mengetahui dan memahami tata cara dan tahapan Pilkada serentak tahun 2020.

"Perwakilan yang menerima sosialisasi ini nantinya diharapkan juga akan mensosialisasikan ke lingkungannya masing-masing Demi kesuksesan pelaksanaan Pilkada serentak," harapnya.

baca juga: Jadi Primadona Wisatawan, Kawasan Normalisasi Batang Agam Akan Dipasangi Lampu Penerangan

Sementara itu, Asisten I Setdako Payakumbuh , Yoherman menyebut, di tengah arus demokrasi dan kebebasan politik yang berlangsung sampai saat ini terjadi apatisme di kalangan masyarakat, sehingga fenomena politik yang dikenal dengan istilah Golongan putih (Golput) cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan demokrasi yang berkualitas.

"Sebagai warga negara yang baik kita harus bangkit dan sadar bahwa pendidikan politik merupakan kunci dari kesejahteraan dan kejayaan Indonesia di masa yang akan datang," kata Yoherman.

baca juga: Data Dinas Pertanian Payakumbuh 3 Tahun Terakhir: Jumlah Sapi Jantan yang Dikurbankan Meningkat

Yoherman berharap kepada seluruh peserta yang hadir agar nantinya ikut menggunakan hak pilih sebagaimana mestinya.

"Gunakanlah hak pilih kita semua nantinya, karna menggunakan hak pilih adalah salah satu kewajiban kita sebagai warga negara yang baik. Dan ini merupakan inti dari cara kita dalam berdemokrasi," katanya. (*)

baca juga: DPRD Lima Puluh Kota Desak Pemkab Bangun Pusat Rehabilitasi ODGJ

Penulis: Taufik Hidayat