Pariaman Rencana Jalin Kerjasama dengan UT

Wisuda UT
Wisuda UT (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF -- Genius Umar, Walikota Pariaman , mendapat kesempatan untuk menyampaikan orasi ilmiah pada acara penyerahan ijazah Universitas Terbuka (UT), Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBBJ) di Padang. Selasa (3/12).

Orasi Ilmiah Genius Umar saat itu, disambut dengan pembicaraan kerjasama antara Pemko Pariaman dengan UT.

baca juga: Meriahkan HUT Pariaman, Pemko Gelar Lomba Foto

Alasan ditunjuknya Genius untuk menyampaikan orasi ilmiah, lantaran program pendidikan menjadi salah satu poin dalam visi dan misi dalam jabatannya sebagai Walikota Pariaman .

Pada kesempatan tersebut Genius Umar menyampaikan, Universitas Terbuka sebagai kampus besar, yang berada di seluruh wilayah indonesia telah ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

baca juga: Tinggal Dua kelompok Pengrajin Batik Sampan yang Masih Bertahan di Pariaman

"Itu tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945. Nah pada orasi saat itu saya juga mengulas tentang persoalan pendidikan. Bahwa persoalan pendidikan tidak boleh di pandang sebelah mata," kata Genius, Rabu 4 Desember 2019.

Seperti yang sudah diterapkan di negara-negara maju, kata Genius lagi, mereka memprioritaskan pendidikan agar menjadi bangsa yang besar dan bermartabat.

baca juga: Pemko Pariaman Bangun 1.000 Septic Tank untuk Warga

"Untuk itu, dalam menjalankan roda pemerintahan di Kota Pariaman , kita memiliki program unggulan Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja) yang diprioritaskan untuk keluarga kurang mampu," jelas Genius.

Dikatakannya, Tujuan Sagasatu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Pariaman .

baca juga: Polres Pariaman Bekuk Seorang Pria Diduga Pengedar Narkoba

"Dalam waktu dekat akan menjalin kerja sama dengan UT agar angka rata-rata lama sekolah di Kota Pariaman bisa meningkat," ungkap Genius. (Rehasa)

Penulis: Eko Fajri