60 Persen Kawasan Pesisir Pantai di Pessel Alami Abrasi

PESSEL , KLIKPOSITIF  -- Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat mencatat hampir 60 persen panjang pesisir pantai di daerah itu terjadi abrasi pantai sepanjang tahun ini.

"Keseluruhannya ada sekitar 60 persen, dan yang kritis mencapai 20 kilometer lebih," ungkap Kepala Dinas PSDA Pesisir Selatan , Doni Gusrizal, saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF .

baca juga: Terciduk, Seorang Warga Pessel Diamakan Polisi Saat Transaksi Narkoba

Ia menjelaskan, pemicu terjadi abrasi di daerah itu diantara lain akibat adanya hembusan angin selatan. Tidak sekedar terjadi kikisan, abrasi juga mengancam permukiman masyarakat.

"Ini sudah termasuk dalam status darurat dan kita sudah upayakan melalui Kementerian. Namun, belum seluruh bisa tertangani," terangnya.

baca juga: Kasus COVID di Pessel Bertambah 9 Orang, 5 Diantaranya Petugas RSUD Painan

Sepanjang 20 kilometer yang terdampak kritis, terjadi di Pantai Api-api Kacamatan Bayang, Pantai Muaro Kecamatan Batang Kapas, Pantai Ujung Air Kacamatan Sutera, Pantai Karang Labuang.

Lalu, Kecamatan Lengayang dan Pantai Muaro Airhaji Kecamatan Linggosari Baganti, dan yang akan segera ditangani baru Pantai Muaro Kecamatan Batang Kapas dan Pantai Api-api Kacamatan Bayang untuk anggaran tahun 2020.

baca juga: Kasus Terus Bertambah, Tim Gugus COVID Pessel Siapkan Tim Penanganan Jenazah

"Dari yang lima atau 20 kilometer ini yang direspon langsung penanganan daruratnya, baru Muaro Batangkapas kemudian Api-api. Sementara yang lain masih persiapan DED," tutupnya.

[Kiki Julnasri]

baca juga: Ciptakan Pilkada 2020 Aman dan Damai, Kapolres Pessel Ajak Masyarakat Tidak Abaikan Adat Minangkabau

Penulis: Iwan R