Kementerian PUPR Bedah 1.000 Rumah Warga Tak Layak Huni di Pariaman

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid pasang papan peneng salah satu rumah warga penerima bantuan BSPS di Desa Punggung Lading
Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid pasang papan peneng salah satu rumah warga penerima bantuan BSPS di Desa Punggung Lading (Istimewa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan program bedah rumah untuk 1.000 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Pariaman , Provinsi Sumatera Barat.

Pelaksanaan program pembangunan rumah bagi masyarakat di Kota Pariaman juga merupakan salah satu bentuk dukungan Kementerian PUPR terhadap Peringatan Hari Nusantara yang akan diselenggarakan di Kota Pariaman pada tanggal 14 Desember 2019 yang akan datang.

baca juga: Meriahkan HUT Pariaman, Pemko Gelar Lomba Foto

Penyaluran dilakukan melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan. Bantuan bedah rumah berupa penyaluran dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2019 tersebut dilaksanakan di empat kecamatan yakni Pariaman Utara (400 unit), Pariaman Timur (190 unit), Pariaman Selatan (140 unit) dan Pariaman Tengah (270 unit).

Disela-sela kunjungannya di Kota Pariaman , Jumat (6/12) Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Khalawi Abdul Hamid didampingi Wali Kota Pariaman Genius Umar sambangi langsung beberapa rumah yang telah siap dikerjakan oleh kementeriannya di wilayah Kota Pariaman .

baca juga: Tinggal Dua kelompok Pengrajin Batik Sampan yang Masih Bertahan di Pariaman

Seperti ketika mengunjungi salah satu rumah penerima, Ranilawati (55 tahun), yang menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang terletak di desa Punggung Lading, Kecamatan Pariaman Selatan.

Ranilawati sangat berhak mendapat bantuan rumah tersebut, lantaran rumahnya memang sudah tidak layak huni lagi yang beratap bocor dan berlantaikan tanah. Ia juga memiliki seorang anak berusia 25 tahun yang menderita lumpuh permanen.

baca juga: Pemko Pariaman Bangun 1.000 Septic Tank untuk Warga

Khalawi Abdul Hamid menyatakan program BSPS merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang tidak layak huni.

"Dengan demikian, masyarakat dapat menempati rumah yang layak dan dapat menciptakan suasana kekeluargaan yang harmonis sekaligus mewujudkan generasi masa depan yang sehat," imbuhnya.

baca juga: Polres Pariaman Bekuk Seorang Pria Diduga Pengedar Narkoba

Program BSPS juga mendorong pola gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam proses pembangunannya, masyarakat harus melaksanakan pembangunan rumah secara berkelompok. Karena itu, pihaknya berharap pemerintah aktif melakukan pendataan rumah masyarakat.

Ia juga mengapresiasi kinerja Wali Kota Pariaman Genius Umar yang secara terus menerus nyinyir ke Kementerian PUPR supaya beberapa masyarakat di Kota Pariaman dapat bantuan rumah yang layak.

Wali Kota Genius, secara langsung ucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo melalui Khalawi Abdul Hamid, yang telah membantu membangun 1.000 rumah layak huni bagi masyarakat tidak mampu yang ada di Kota Pariaman .

"Semoga ini menjadi nilai ibadah, dan mendapat Rahmat dari Allah SWT, dan bagi warga yang mendapat bantuan tetap selalu bersyukur atas karunia dan Rahmat dari Allah SWT," imbuh Genius.

Di akhir kunjungan ke beberapa rumah yang telah siap dan ditempati, Khalawi Abdul Hamid lakukan pemasangan papan peneng yang disaksikan oleh Genius Umar serta Kepala Desa dan masyarakat Desa Punggung Lading. 

[Rehasa]

Penulis: Iwan R