Atlet Filipina Roger Casugay Lepas Peluang Raih Medali Demi Selamatkan Atlet Indonesia, Jokowi: Salam Hormat dari Indonesia

Aksi peselancar Filipina Roger Casugay saat menyelamatkan Arip Nurhidayat, yang tergulung ombak besar pantai Monaliza di La Union, Filipina, Jumat (6/12) lalu
Aksi peselancar Filipina Roger Casugay saat menyelamatkan Arip Nurhidayat, yang tergulung ombak besar pantai Monaliza di La Union, Filipina, Jumat (6/12) lalu (Jefferson Ganuelas)

KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada peselancar tuan rumah Roger Casugay, yang rela melepas peluang di cabang Selancar Longboard Putra Sea Games 2019, karena menolong atlet Indonesia Arip Nurhidayat, yang tergulung ombak besar pantai Monaliza di La Union, Filipina, Jumat (6/12) lalu.

“Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya,” cuit Presiden Jokowi melalui akun twitternya @jokowi, yang diunggahnya beberapa saat lalu.

baca juga: Harga Tanaman Ini Disebut Sampai Rp100 Juta, Apa Istimewanya?

Dalam cuitan yang juga diunggahnya di fan page facebook dan akun instagram miliknya itu, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya untuk peselancar Filipina Roger Casugay, yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba itu.

“Salam hormat dari Indonesia,” tulis Presiden Jokowi.

baca juga: Komisi III Minta Kejaksaan Agung Tingkatkan Pengawasan Internal

Sebelumnya sejumlah media memberitakan, Casugay yang saat itu memiliki peluang untuk memenangkan lomba, memilih meninggalkan perlombaan, karena melihat pesaingnya dari Indonesia terlepas dari papan selancar dan terbawa ombak besar.

Casugay menolong Arip, dan berbagi papan selancar hingga ke tepi pantai. Seorang peselancar lokal, Jefferseon Ganuelas, yang menyaksikan langsung aksi heroik Casugay itu melalui halaman facebook pribadinya menyampaikan, saat pertandingan sedang berlangsung, papan selancar milik Arip patah sehingga dia terlempar dan terjatuh dengan kepala di pantai monaliza.

baca juga: Pro Kontra Warnai Pembahasan RUU Cipta Kerja Terkait Ketenagakerjaan

Roger Casugay kemudian menolongnya tanpa memikirkan lagi perlombaan untuk mendapatkan medali. Arip sendiri yang tidak menyangka memperoleh pertolongan tersebut menilai Casugay sebagai seorang juara sejati. (*)

Penulis: Eko Fajri