Ketua Komnas HAM: Pelanggaran HAM Makin Berat

Wapres Maruf Amin dan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik.
Wapres Maruf Amin dan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. (Setwapres)

KLIKPOSITIF -- Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik mengatakan bahwa pelanggaran HAM justru makin berat terjadi di tanah air.

Pelanggaran HAM itu disebutnya dapat mengganggu pembangunan Indonesia ke depannya.

baca juga: Kemenhub Bikin Aturan Bersepeda, Ada 7 Perangkat Wajib Sebelum Gowes di Jalanan

Ahmad mengatakan hal tersebut di depan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam sambutannya pada acara menyambut Hari HAM Sedunia yang jatuh pada 10 Desember esok di Kantor Komnas HAM RI, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).

Kata Ahmad, Indonesia masih diramaikan dengan persoalan intoleransi, diskriminasi dan ekstremisme dengan kekerasan.

baca juga: Kementerian PUPR Tingkatkan Pembelian Karet Untuk Campuran Aspal

"Pelanggaran HAM makin berat, konflik agaria dan sumber daya alam, dan tak kalah pentingnya adalah persoalan intoleransi, diskriminasi, dan ekstremisme dengan kekerasan yang bisa mengganggu pembangunan ekonomi dan politik kita saat ini maupun masa depan," kata Ahmad.

Ia mengungkapkan bahwa persoalan tersebut mesti diselesaikan secara mendalam dengan menempatkan Hak Asasi Manusia sebagai indikator utama dalam kerangka NKRI.

baca juga: NOAH Rilis Lagu Baru "Menemaniku", Ini Lirik Lagunya

Dalam akhir pidatonya, Ahmad menyatakan percaya kepada pemerintahan yang akan terus berkomitmen menjaga kemanusiaan dan keadaban sebagaimana diamanatkan konstitusi maupun standar hak asasi manusia internasional.

"Yang tidak kalah pentingnya adalah penguatan kelembagaan Komnas HAM, baik dari sisi mandat fungsi wewenang maupun sarana dan prasarana," katanya. (*)

baca juga: Dua Bulan Berlayar, Kapal Nelayan Ini Simpan Mayat ABK Dalam Freezer Ikan

Penulis: Eko Fajri