Kurangi Angka Pengangguran Masyarakat Sumbar, BPJS TK Cabang Padang dan Disnakertrans Sumbar Gelar Job Fair

Pembukaan kegiatan job fair untuknpwncaker Sumbar di kantor Disnakertrans Sumbar
Pembukaan kegiatan job fair untuknpwncaker Sumbar di kantor Disnakertrans Sumbar (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Barat (Sumbar) gandeng Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans ) Provinsi dalam menyelenggarakan Job Fair yang digelar di jalan ujung gurun selama dua hari pada Rabu-Kamis (4-5/12).

Kegiatan tersebut dihadiri ratusan pencari kerja (Pencaker) dari kabupaten kota di Sumbar dengan berbagai latar belakang pendidikan. Puluhan stand dari berbagai perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja tampak diramaikan oleh pengunjung yang ingin berkesempatan masuk dalam lapangan kerja yang disediakan.

baca juga: Sosialisasi Paritrana Award, BPJamsostek Ungkap Ada Berbagai Peningkatan Manfaat yang Dapat Dirasakan

"Sampai saat ini, ada sekitar 168 ribu pengangguran yang ada di Sumbar dari berbagai latar belakang. Persentase jumlah pengangguran kita pun juga termasuk tinggi secara nasional," ujar Kepala Disnakertrans Sumbar Nasrizal di tengah kegiatan tersebut.

Dalam menghadapi besarnya angka pengangguran tersebut, Disnakertrans Provinsi berusaha melakukan berbagai upaya salah satunya dengan menggandeng BPJS Ketenagakerjaan dan instansi lainnya. Selain itu, berbagai pelatihan juga diselenggarakan untuk pencaker guna menambah skill yang mereka miliki.

baca juga: Raih Paritrana Award 2019, BPJamsostek Padang Serahkan Hadiah Mobil pada PT Kunango Jantan

Disnakertrans Sumbar bersama Balai Latihan Kerja (BLK) berupaya menyediakan pelatihan untuk pencaker sesuai dengan kebutuhan perusahaan akan SDM mereka hingga skill untuk jadi wirausahawan. 

Ia juga mendorong pencaker untuk mengurus kartu prakerja. Sesuai dengan rencana Presiden RI Joko Widodo, kartu prakerja direncanakan keluar pada 2020 yang akan dimiliki oleh 2 juta pencaker dan mendapatkan berbagai manfaat dari kartu tersebut.

baca juga: BPJamsostek Padang Berikan Bantuan Paket APD Lengkap untuk Perusahaan di Bidang Konstruksi

"Silahkan isi data diri pada database dalam aplikasi Kerjaku. Jangan sampai ketinggalan karena jumlahnya terbatas, hanya 2 juta saja," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan BPJS TK Sumbar Risna mengungkapkan bahwa Job Fair yang digelar bersama Disnkakertrans Provinsi merupakan upaya dari komitmen mereka dalam membuka peluang kerja baru bagi peserta mereka.

baca juga: BPJamsostek Cabang Padang Berikan 130 Paket Bantuan kepada Peserta yang Terdampak COVID-19

"Dalam job fair ini, para peserta BPJS TK yang terkena PHK akan diberi kesempatan mengikuti pelatihan security. Nah, mereka yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan beberapa manfaat seperti tunjangan harian, fasilitas makan siang dan lainnya," katanya.

Untuk saat ini katanya, BPJS TK memang baru membuka pelatihan untuk bidang keamanan saja. Namun pihaknya akan berupaya untuk menambah berbagai bidang pelatihan yang bisa diikuti oleh pencaker dari peserta BPJS TK.

"Kita ingin peserta BPJS TK yang menganggur tidak terpuruk dalam kesedihan karena terkena PHK. Kita ingin mereka menemukan pekerjaan baru dengan menambah skill mereka," katanya. (*)

 

Penulis: Khadijah