Tertutup Sekitar 6 Jam Akibat Longsor, Jalur Sumbar – Riau Kembali Bisa Dilewati

Kondisi Jalur Sumbar - Riau sudah kembali dilewati kendaraan.
Kondisi Jalur Sumbar - Riau sudah kembali dilewati kendaraan. (Ist)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF -- Sempat tertutup sekitar enam jam akibat longsor yang terjadi di Jorong Simpang Tiga Nagari Koto Alam, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota , Selasa (10/12) pagi, lalu lintas Jalur Sumbar - Riau kembali normal semenjak pukul 10.00 WIB.

Kanit Turjawali Polres Limapuluh Ipda Apriman Sural yang dihubungi, Selasa (10/12) mengatakan, dalam proses evakuasi pihaknya bersama pihak BPBD dan pihak-pihak terkait menggunakan dua alat berat.

baca juga: Penyebab Meninggalnya Ketua PN Lubuk Basung di Kolam Renang

"Semenjak pukul 9.00 WIB sudah bisa dilewati dengan sistem buka tutup. Dan semenjak pukul 10.00 WIB lalu lintas kembali normal," kata Ipda Apriman Sural.

Ia melanjutkan, proses evakuasi terhadap tiga mobil yang sebelumnya tertimpa material longsor , yaitu mobil truk Nissan, mobil truk Colt Diesel dan mobil minibus APV juga sudah tuntas dilakakukan.

baca juga: Ketua PN Lubuk Basung Meninggal di Kolam Renang Hotel

"Dalam proses evakuasi mobil ini kita bersama-sama petugas di lapangan, pihak terkait, dan juga masyarakat," katanya.

Untuk longsor di Nagari Koto Alam sendiri, Ipda Apriman Sural menyebut, semenjak Senin (9/12) terdapat empat titik longsor , longsor pertama terjadi pukul 19.00 WIB, selanjutnya pukul 21.30 WIB, 23.00 WIB, dan terakhir pukul 4.30 WIB.

baca juga: Kecelakaan Libatkan 3 Mobil di Jalinsum Sijunjung, Satu Pengemudi Luka Berat

"Jarak masing-masing titik longsor itu sekitar satu kilo meter. Dan yang menimpa mobil itu adalah longsor terakhir yang terjadi pukul 4.30 WIB," jelasnya. (*)

Penulis: Taufik Hidayat