Tujuh Nagari Persiapan di Agam Telah Memiliki Kode Register

Kepala DPMN Agam, Teddy Martha
Kepala DPMN Agam, Teddy Martha (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, telah mengeluarkan kode register untuk tujuh Nagari Persiapan di Kabupaten Agam . Sesuai surat Gubernur Sumbar Nomor. 120/706/Pem-2019, kode register dikeluarkan pada 10 Desember 2019.

Kepala DPMN Agam , Teddy Martha mengatakan, kode register dikeluarkan atas dasar surat DPMN Agam Nomor. 414.3/246/DPMN/X-2019, tentang Permohonan Penerbitan Kode Register Nagari Persiapan. Kemudian Surat Asisten Hukum Pemerintahan dan Politik Setda Agam Nomor.414.3/321/DPMN/XI-2019, tentang Pengiriman Kekurangan Berkas Nagari Persiapan.

baca juga: Agam Tambah 21 Pasien COVID Hari Ini

Sesuai kewenangan pemerintah provinsi yang diamanatkan UU Nomor 6 tahun 2014, tentang Desa serta peraturan pelaksanaannya, maka telah ditetapkan kode register untuk tujuh nagari persiapan di Agam .

Ketujuh Nagari Persiapan ini berada di Kecamatan Tilatang Kamang seperti, Nagari Persiapan Koto Tangah Sidang Koto Laweh, Koto Tangah Koto Malintang, Koto Tangah Tujuah Nagari, Koto Tangah Lamo, Gadut Barat, Gadut Timur dan Aro Kandikia.

baca juga: Sampel Banyak Menumpuk, Hasil Swab Pasien di Agam Lama Menunggu

Dengan ditetapkan kode register, maka penyelenggaraan pemerintahan pada nagari persiapan dilaksanakan sesuai ketentuan pasal 12 ayat (4) sampai (8) dan 13 Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014, tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 tahun 2014, tentang desa. Serta Pasal 23 sampai 25 Permendagri Nomor 1 tahun 2017 tentang Penataan Desa dan ketentuan lainnya yang terkait.

Kode register ini dikeluarkan setelah lolos verifikasi tingkat provinsi. Saat ini pihaknya sedang memproses pengusulan nama Pejabat Wali Nagari Persiapan, yang berstatus PNS dan berpengalaman di bidang pemerintahan.

baca juga: Pemprov Sumbar Salurkan Bantuan Rp45 Juta untuk Korban Kebakaran di Maninjau

"Apabila nama PJ Wali Nagari Persiapan dan kantornya sudah ditentukan, maka secepatnya akan kita lantik. Supaya PJ wali nagari dapat menata perangkat dan melengkapi sarana prasarana lainnya," ujarnya.

Dijelaskan, dengan telah keluarnya tujuh kode register, maka saat ini Kabupaten Agam memiliki 23 Nagari Persiapan. Ia mengharapkan Nagari Persiapan yang sudah dulu terbentuk secepatnya menyelesaikan segala persyaratan untuk menuju nagari definitif. (rel)

baca juga: MTI Kapau Terbakar Pagi Ini

Penulis: Rezka Delpiera