Jelang Akhir Tahun, PLN Sumbar Jalin Silaturahmi dengan Media

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto saat menyambut kedatangan rekan media Sumbar di Padang, Kamis (12/12)
GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto saat menyambut kedatangan rekan media Sumbar di Padang, Kamis (12/12) (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) jalin silaturahmi dengan kegiatan Lunch with Press bersama rekan-rekan media yang menjalin hubungan baik dengan PLN Sumbar di Safari Golden Kafe dan Resto, Kamis, 12 Desember 2019.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan media yang ada di Sumbar atas kerjasama yang baik dengan PLN Sumbar. Kami sangat apresiasi itu," ujar GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto dihadapan 40 orang rekan media yang hadir baik dari Pimpred maupun Wartawan.

baca juga: PLN Sumbar Gelar Webinar Program Super Merdeka Bersama Pelaku UMKM/IKM

Ia menjelaskan, PLN Sumbar bertugas sebagai instansi yang memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik . Semboyan PLN yakni Menerangi Negeri selalu berusaha untuk diwujudkan sehingga dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dimana pun berada hingga ke pelosok negeri.

Sementara itu, media mengemban tugas untuk memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat termasuk dalam hal masalah kelistrikan yang notabene menjadi hal penting dalam kehidupan. Sinergitas antara PLN dan media diyakini dapat memberikan efek positif bagi masyarakat.

baca juga: Terus Kenalkan Electrifying Lifestyle ke Masyarakat, Dua Molis Dipajang di Kantor PLN Sumbar

" PLN dan media sama-sama memiliki fungsi menerangi, bedanya yakni PLN menerangi masyarakat, sedangkan media menerangi masyarakat tapi dalam hal edukasi dan informasi," jelas Bambang disambut tawa renyah peserta yang hadir pada kegiatan itu.

Dengan tugas yang diemban oleh PLN itu, ada informasi-informasi yang harus diketahui oleh masyarakat seperti sistem kelistrikan yang ada di daerah mereka seperti pasokan listrik dan keandalannya. Di Sumbar, pasokan listrik dapat dikatakan cukup, bahkan berlebih. Hal itu karena sistem kelistrikan PLN Sumbar yang didukung oleh aliran listrik dari Sumatera Bagian Selatan maupun Energi Baru dan Terbarukan dalam menghasilkan listrik yang ada di Sumbar.

baca juga: Pencari Kerja Diminta Waspada Terhadap Penipuan Rekrutmen Mengatasnamakan PLN

Ketersediaan pasokan listrik itu, tentunya membuat masyarakat tak perlu merasa takut lagi akan terjadinya pemadaman. Pasoka listrik di Sumbar yang andal menjadi jaminan bahwa investor juta tak perlu takut untuk berinvestasi di Sumbar baik dalam berbagai sektor.

"Cadangan listrik yang berlimpah secara nyata mendukung investasi di Sumbar oleh para investor, kapan pun dan dimana pun," katanya.

baca juga: SPBP Kembali Diaktifkan, Polda Sumbar Dapat Armada Pengangkut Sampah Baru dari PLN

Di sisi lain, ia juga mengajak masyarakat untuk beralih gaya hidup ke sistem kelistrikan atau bisa juga disebut "Shifting Electrical Lifestyle". Hal itu merupakan juga merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat akan pasokan listrik yang berlimpah dan lebih terjamin tanpa perlu merasa takut akan habisnya sumber daya penghasil listriknya.

"Contohnya saja tren saat ini yaitu kompor listrik . Dengan beralih ke kompor listrik /induksi, kita dapat menghemat penggunaan energi gas yang tidak kita ketahui kapan habisnya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan kompor listrik ini baik itu dari efesiensi biaya dan kebersihan dapur yang juga terjaga," Jelasnya.

Selain itu, tidak hanya kompor induksi, ada juga motor elektrik atau motor listrik . Motor listrik terbukti menjaga ekosistem yang lebih baik dengan semboyan Go Green. Kompor listrik mengurangi bertambahnya polusi dari asap kendaraan sehingga membuat lingkungan menjadi lebih sehat juga.

Untuk penggunaan kompor listrik pun termasuk mudah dan tidak perlu untuk takut mengantre mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) lagi di SPBU. Hal itu karena PLN telah menyediakan banyak titik untuk pengisian cadangan listrik pada kendaraan tersebut di banyak titik pada beberapa daerah di Sumbar.

"Sudah ada banyak Stasiun Pengisi Listrik Umum (SPLU) yang telah kami sediakan dan bisa diberdayakan masyaralat, terurama yang menggunakan motor listrik . Selain di SPLU, pengisian listrik pada molis juga dalat dilajukan di rumah yang dapat dilakukan selama 3-4 jam dan langsung bisa digunakan untuk perjalanan yang mencapai 70-80 Kilometer," Tuturnya.

Oleh karena itu, ia ingin masyarakat Sumbar dapat dengan yakin untuk menerapkan Shifting Electrical Lifestyle.(*)

Penulis: Khadijah