Persiapan Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Siapkan Rest Area di Jalan Tol

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Pemerintah bekerja sama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyiapkan sejumlah rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di jalan tol maupun jalan nasional pada musim Natal dan Tahun Baru.

"Untuk kendaraan Natal dan tahun baru, animo masyarakat menggunakan jalan tol besar, padahal ada juga jalan-jalan nasional, seperti Pantura misalnya. Fasilitas ada semua, kita siapkan di jalan tol, ada rest area juga yang dibuka," ujar Direktur Preservasi Jalan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Aytanto Busono, di Jakarta dilansir dari Suara.com.

baca juga:

Untuk jalan tol di Pulau Jawa saja, ada 95 TIP yang disiapkan, baik tipe A, tipe B maupun tipe C. Adapun sejumlah rest area di jalan tol di Pulau Jawa tersebut adalah 48 TIP tipe A, 23 TIP tipe B dan 24 TIP tipe C. Dia menjelaskan, semua tipe TIP tersebut dapat dimanfaatkan pengemudi untuk beristirahat sejenak, beribadah, maupun ke toilet.

Perbedaan tipe-tipe tersebut hanya terletak pada fasilitas pelayanan dan luasan lahannya. Tipe A adalah yang paling luas dan lengkap, karena memiliki SPBU, tempat makan, layanan kesehatan dan lainnya. Tidak hanya tol di Jawa, tol di Pulau Sumatera juga dilengkapi dengan rest area. Atyanto mengatakan, ada 14 tempat istirahat fungsional dan 8 tempat istirahat sementara.

baca juga:

Tempat istirahat sementara hanya dapat dimanfaatkan untuk tempat parkir, tempat beribadah dan toilet, sementara yang fungsional dilengkapi dengan counter makanan, SPBU dan fasilitas kesehatan.

Penulis: Ramadhani