Padang Expo Digelar di Lantai 5 Pasar Raya, Ini Harapan Wali Kota

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah (Humas Pemko Padang)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Salah satu perhelatan bergengsi yang menandakan semakin menggeliatnya nadi perekonomian di Kota Padang , ' Padang Expo ' resmi digelar dengan dibuka secara Resmi Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di Blok II Lantai 5 Pasar Raya Padang , Kamis (12/12/2019) malam.

Event tahunan yang ketiga kalinya digelar Pemerintah Kota Padang itu, bakal berlangsung selama 12-15 Desember ini yang dipusatkan di Blok II dan Blok III Pasar Raya Padang .

baca juga: Mulai Besok, Pemko Padang Sudah Tindak Pelanggar Perda AKB

Wali kota dalam sambutannya mengatakan, melalui perhelatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengaruh yang signifikan kepada pengusaha untuk berinvestasi serta mempromosikan dan memasarkan berbagai produk, di samping memberikan pilihan alternatif kepada konsumen sekaligus hiburan kepada warta Kota Padang .

"Jadi melalui Padang Expo 2019, kita juga mengharapkan munculnya transaksi yang signifikan. Kita juga menargetkan bahwa pengunjung yang datang tidak hanya dari Padang , tapi juga dari luar kota bahkan dari luar provinsi. Dengan begitu diharapkan mereka tidak hanya menikmati pameran, tapi juga melihat hiburan dari serangkaian perlombaan dan rekreasi ke berbagai objek wisata di sini," sebutnya.

baca juga: Meningkat, DPS Pilkada di Kota Padang 615.307 Jiwa

Mahyeldi melanjutkan, di samping sebagai ajang promosi dan rekreasi, kegiatan Padang Expo juga dapat menginformasikan kepada seluruh warga Kota Padang maupun perantau tentang perkembangan Kota Padang terkini khususnya pada Pasar Raya Padang .

"Alhamdulillah, saat ini pasar raya sudah jauh berubah dimana blok yang kita kenal dahulunya pasar inpres semuanya sudah terbangun secara baik berkat kerjasama dan dukungan dari semua pihak. Untuk itu, atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan ribuan terima kasih," jelas wako dalam kegiatan yang juga dihadiri para investor dan pengunjung asal luar Kota Padang itu.

baca juga: Hadapi Lonjakan Kasus COVID-19, SPH Tambah Tempat Tidur

Mahyeldi membeberkan terkait beberapa upaya yang telah dilakukan Pemko Padang dalam mewujudkan Pasar Raya Padang yang lebih representatif sebagai destinasi wisata sejauh ini. Antara lain seperti meletakkan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Blok III lantai 4, memindahkan Kantor Catatan Sipil ke Blok III lantai 2 serta membangun air mancur yang bergelombang, bercahaya dan diiringi musik menarik yang akan diresmikan pada Sabtu malam (14/12/2019) nanti. Selain itu juga menyediakan lift di pasar blok tersebut guna memudahkan masyarakat turun naik bangunan pasar tersebut.

"Maka itu tak tanggung-tanggung, event Padang Expo ini juga ikut berperan dalam memperkenalkan potensi ekonomi daerah dan juga membuka akses produk kreatif ramah lingkungan. Untuk itu, kepada para pengusaha dan pengrajin di Kota Padang mari ciptakanlah produk yang berkualitas dan mempunyai daya saing. Kita sangat berharap, kegiatan ini semakin menambah semangat pelaku usaha untuk meningkatkan mutu produk barang/jasa industri, usaha kecil dan menengah. Sehingga secara bertahap ikut bersaing di pasar bebas pada era globalisasi saat ini," tukasnya.

baca juga: Banyak Merawat Pasien Covid-19, Begini Kondisi di SPH

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal menyebutkan, terkait rangkaian kegiatan yang akan dihelat pada Padang Expo 2019, setelah pembukaan secara resmi kemudian dilanjutkan pada Jumat (13/12/2019) dengan menggelar bazar dan pameran, seminar perdagangan halal dan menyajikan Kampuang Kopi Minangkabau.

"Selain itu juga ada beberapa lomba yakni Lomba Packaging UMKM, Fashion Show dan Solo Song antar Instansi, BUMN, Perbankan serta TNI dan Polri. Insya Allah acara ini akan berlangsung meriah dan semarak," ungkapnya.

Sementara itu sambungnya, pada hari Sabtu (14/12/2019) kegiatan yang digelar juga tak kalah menarik dari hari-hari sebelumnya. Dimana di sana ada peresmian Air Mancur yang menari-menari disertai musik bertempat di Bundaran Air Mancur, kemudian Lomba Nasyid, Lomba Kreasi Lamang Tapai, V60 Throdown Battle, B2B Competition serta Pelantikan FORMI.

"Selanjutnya untuk penutupan Padang Expo 2019 akan dilakukan pada Minggu siang (15/12/2019) di Blok II Lantai 5 Pasar Raya Padang . Pada waktu itu sebelum penutupan juga digelar Lomba Mewarnai, Lomba Tari Minang serta pembagian hadiah masing-masing lomba. Kita tentu berharap, seluruh warga masyarakat Kota Padang dapat menyaksikan dan mendukung kesuksesan Padang Expo 2019 ini. Karena banyak manfaat bagi kita semua tentunya," pungkasnya. (rilis)

Penulis: Iwan R