Hari Ini, NTT 3 Kali Diguncang Gempa

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang gempa sebanyak tiga kali pada Sabtu pagi dan siang dengan intensitas gempa relatif kecil sekira 3,1 hingga 3,4 Skala Richter (SR).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Kupang, Hasanuddin mengatakan, gempa pertama terletak di Kabupaten Sikka dengan kekuatan 3,1 skala Richter (SR) pada pukul 12.19 wita. Lokasi gempa terjadi di 8.90 Lintang Selatan dan 122.48 Bujur Timur atau 46 kilometer Tenggara Kabupaten Sikka. Gempa tersebut berkedalaman 138 kilometer.

baca juga: Gempa Darat Guncang Bukittinggi, Getarannya Dirasakan di Sejumlah Daerah

Gempa kedua terjadi di Kabupaten Sumba Barat Daya yang terjadi pada pukul 13.19 wita waktu setempat dengan kekuatan gempa mencapai 3,4 SR. Lokasi gempa berada pada 9.66 Lintang Selatan dan 118.09 Bujur Timur atau 117 kilometer Barat Daya Kabupaten Sumba Barat Daya.

Berselang kurang dari satu jam, gempa kembali menguncang Kabupaten daerah Sumba Tengah dengan kekuatan gempa mencapai 3,1 SR, yang terjadi pada pukul 14:08 waktu setempat. Lokasi gempa terletak di 9.38 Lintang Selatan dan 120.08 Bujur Timur atau 44 kilometer dari Timur Laut Sumba Tengah dengan kedalaman mencapai 11 kilometer.

baca juga: Pakar Gempa Ingatkan Warga Terkait Gempa dan Tsunami yang Masih Mengancam Kota Padang

Semakin besarnya intensitas gempa tersebut, menurut Hasannuddin, karena adanya pergerakan lempeng.

Gempa yang terjadi akhir-akhir ini di NTT karena provinsi yang dikenal dengan provinsi berbasis kepulauan tersebut masuk dalam sistem tektonik Indonesia, sehingga wajar jika gempa dengan intensitas sedang sering terjadi di provinsi tersebut. (ant)

baca juga: 150 Rumah dan Infrastruktur Publik Rusak Akibat Gempa 6,1 SR di Maluku Tengah

Penulis: Elvia Mawarni