276 Calon Anggota Panwascam Bawaslu Agam Ikuti CAT dan Wawancara

Koordinator Sekretariat Bawaslu Agam Yuli Zamra usai mendampingi Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Surya Efitrimen bersama rombongan
Koordinator Sekretariat Bawaslu Agam Yuli Zamra usai mendampingi Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Surya Efitrimen bersama rombongan (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Sebanyak 276 orang calon anggota Panwas Kecamatan di Bawaslu Kabupaten Agam ikuti tes online CAT (Computer Assisted Test) Socrative dan wawancara, 13 sampai 17 Desember 2019.

Tes dilaksanakan di SMK N 1 Ampek Angkek, SMAN 1 Lubukbasung dan di Kantor Bawaslu Kabupaten Agam jl. Diponegoro Simpang 3 Lubuk Basung.

baca juga: Mobil Damkar Agam Terguling di Bawan

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Agam Yuli Zamra, S.Sos mengatakan, sejumlah syarat yang wajib dipenuhi oleh calon Panwascam, yakni berusia minimal 25 tahun, pendidikan terakhir minimal SMA, tidak pernah dipidana, bukan anggota partai politik dan tidak pernah menjadi tim sukses sekurang-kurangnya lima tahun terakhir.

"Kami membutuhkan anggota Panwascam yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual dan emosional yang baik" kata Yuli Zamra usai mendampingi Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Surya Efitrimen bersama rombongan saat melakukan supervisi dan monitoring CAT Socrative dan wawancara, Sabtu 14 Desember 201, di SMK N 1 Ampek Angkek.

baca juga: BKSDA Agam Imbau Masyarakat Tidak Beraktivitas di Sekitar Batang Masang Pada Januari-Juni, Ini Sebabnya

Yuli Zamra menghimbau masyarakat untuk ikut mengawasi proses rekrutmen yang sedang dilakukan. Masyarakat juga dapat mengirimkan tanggapan dan masukan masyarakat ke pokja pembentukan Panwascam yang bersekretariat di kantor Bawaslu Kabupaten Agam Jalan Diponegoro Simpang III Lubuk Basung.

Ditambahkan, mampu bekerja secara profesional, memiliki soliditas dan mentalitas yang baik, serta integritas menjadi pertimbangan utama dalam proses seleksi bagi mereka yang nantinya akan dinyatakan lulus dan bergabung bersama keluarga besar Bawaslu Kabupaten Agam sebagai Panwascam.

baca juga: Evakuasi Bocah di Agam dari Mulut Buaya Libatkan Orang Pintar

Integritas adalah nilai tertinggi yang harus dimiliki pengawas pemilu. Godaan dan tekanan dalam mengawal Pilkada 2020 supaya berjalan dengan jujur, adil, dan demokratis akan lebih banyak dan berat dari pada mengawal pileg pilpres 2019 kemarin. Hal ini dimungkinkan karena calon yang akan bertarung lebih dekat dengan pemilih.

"Nanti yang yang menjadi anggota Panwascam hanya 3 orang per kecamatan. Setelah selesai tes wawancara, besoknya hasil langsung diumumkan," pungkasnya.

baca juga: Kunjungi IKKP Jabodetabek, Bupati Agam Ajak Perantau Ikut Bangun Daerah

Penulis: Rezka Delpiera