Banyak Peninggalan Penjajah, Pemko Padang Akan Jadikan Daerah Ini Lokasi Wisata Sejarah yang Baru

(Ist)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang akan menjadikan Gunung Pangilun sebagai lokasi wisata sejarah baru di Kota Bengkoang.

"Kami akan menjadikan Gunung Pangilun sebagai wisata sejarah. Karena di sana banyak peninggalan sejarah penjajahan Belanda maupun Jepang," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang , Arfian, Senin 16 Desember 2019.

baca juga: Pedagang Prediksi Harga Telur di Pasar Raya Padang Akan Melambung Pekan Depan, Kok Bisa?

Ia mengatakan, di Gunung panggilun ada puluhan lobang yang dijadikan tempat persembunyian atau lokasi peletakan meriam oleh pasukan Jepang pada masa penjajahan itu.

"Kalau dari penelusuran kami hingga saat ini, ada sekitar 20 lobang peninggalan Belanda ataupun Jepang yang ada di sekitar kawasan bukit di gunung panggilun itu," lanjutnya.

baca juga: Padang Rawan Gempa, Diskominfo Usulkan Ini Kepada BPBD

Sayangnya, keadaan lobang yang ada di lokasi itu masih belum terawat dan dipenuhi dengan tumbuhan liar serta binatang liar.

"Kami nanti akan membersihkan lokasi itu dan ini akan menjadi ikon baru di Kota Padang untuk meningkatkan pariwisata," lanjutnya.

baca juga: Pasokan Ikan Berkurang di Pasar Raya Padang, Harga Tetap Stabil

Ia mengatakan, penglolaan di sana nantinya akan diserahkan kepada penduduk setempat dan pihaknya juga sudah berkoordinasi untuk itu.

"Kami harap masyarakat bisa membantu untuk ikon baru ini, sehingga Kota Padang tidak hanya dikenal sebagai Kota Wisata pantai, tetapi juga wisata sejarahnya," tutupnya.

baca juga: Harga Cabai di Pasar Raya Padang Anjlok, Ini Penyebabnya

[Halbert Caniago]

Penulis: Eko Fajri