Pengamat: Usul Interplelasi Sejatinya Biasa-biasa Saja

Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Edi Indriyadi
Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Edi Indriyadi (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Edi Indriyadi mengatakan wacana interpelasi yang dilakukan oleh Partai Gerindra terhadap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno merupakan hal yang biasa. Ia menilai hal itu adalah urusan kepentingan publik.

"Jadi soal usul interplelasi sejatinya merupakan hal yang biasa saja. Bahkan harusnya dari dulu hal itu diusulkan. Interpelasi itu urusan kepentingan publik, soal hubungan antara institusi demokrasi," katanya saat dihubungi di Padang, Rabu, 18 Desember 2019.

baca juga: Dinilai Memicu Konflik, Fraksi PAN Minta Bupati Ganti Camat Lengayang

"Urusan kepentingan publik harus dilakukan dengan memaparkan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah(APBD). Ini urusan yang harus dipertanggungjawabkan kepada publik sehingga semua pihak harus fokus kepada urusan yang berhubungan dengan kepentingan publik, dan tak meracuninya dengan urusan pribadi," tuturnya.

Menurutnya merancukan urusan hubungan institusi antara lembaga demokrasi (legislatif dan eksekutif) dengan urusan pribadi bukanlah hal yang bagus. "Itu tak benar. Kita berharap hendaknya semua pihak fokus pada urusan kepentingan publik," tuturnya.

baca juga: PDI Perjuangan Nilai Presiden Perlu Terbitkan Perppu Pilkada 2024, Ini 3 Alasannya

"Karena melalui itu, semua bisa terang benderang duduk permasalahannya sehingga tidak boleh juga ada yang terburu-buru saling salah menyalahkan," jelasnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra berwacana akan melakukan interpelasi kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno terkait kunjungan ke luar negeri. Wacana itu digulirkan karena gubnernur dianggap terlalu sering ke luar negeri. (*)

baca juga: Gerindra Tegaskan Posisi Dodi Hendra Sebagai Ketua DPRD Solok

Penulis: Fitria Marlina