Kabupaten 50 Kota Bangun Jaringan Intra yang Menghubungkan 30 OPD

Launching penggunaan jaringan intra pemerintah di Kabupaten 50 Kota
Launching penggunaan jaringan intra pemerintah di Kabupaten 50 Kota (Ist)

KLIKPOSITIF  Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar event bertajuk “Launching Jaringan Intra Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2019” dengan tema “Bersama Jaringan Intra Pemerintah Kita Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih, Efektif, Transparan, dan Akuntabel Serta Pelayanan Publik Yang Berkualitas dan Terpercaya”, di Aula Rumah Dinas Bupati di Kawasan Labuah Basilang Payakumbuh.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini sebagai langkah awal dan berbagi informasi mengenai Jaringan Intra Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota yang dihadiri oleh Sulkan selaku General Manager PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk Lima Puluh Kota melakukan dialog dengan Camat Pangkalan dan direktur RSUD Achmad Darwis Suliki dan pasien poliklinik, untuk mempresentasikan kepada peserta bahwa Jaringan Intra Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota telah teraplikasikan di seluruh kecamatan maupun OPD se-Kabupaten Lima Puluh Kota.

baca juga: Ada Kasus Positif Covid-19, PT Telkom Sumbar Kurangi Layanan Tatap Muka

Jaringan Intra Pemerintah merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan beberapa simpul yang saling terhubung satu sama lain pada Organisasi Perangkat Daerah yang bekerjasama dengan operator telekomunikasi, Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan kerjasama dengan PT.Telekomunikasi Indonesia.

Jaringan Intra Pemerintah merupakan sistem jaringan yang mengkolaborasikan antar server guna memenuhi kebutuhan internal pemerintahan dalam mengkomunikasikan jaringan yang dipergunakan sehingga dapat melakukan kegiatan seperti pertukaran data, pemakaian aplikasi, chat, messenger, teleconferen serta manajemen userdan bandwith.

baca juga: Ada Kasus Positif Covid-19, 600 Pegawai PT Telkom Sumbar Diswab

Untuk tahun 2019 ini Dinas Komunikasi dan Informatika telah membangun Jaringan Intra Pemerintah yang menghubungkan 30 OPD, 10 Kecamatan dan 4 Puskesmas di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan Fiber Optic (FO) dan 3 kecamatan melalui VSAT sehingga dapat saling terhubung dalam pelaksanaan kegiatan mereka masing-masing sehinggaSistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dapat dilaksanakan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi meminta secara khusus kepada General Manager PT. Telkom Indonesia, Tbk Witel Sumatera Barat untuk dapat membuka jalur akses komunikasi pada destinasi wisata Kabupaten Lima Puluh Kota yakni seperti Lembah Harau Kecamatan Harau dan Kampung Sarugo (Saribu Gonjong) di Kecamatan Gunung Omeh.

baca juga: Daftar Paket Data XL Terbaru Lengkap, Termasuk Kuota Unlimited

Hal ini terkait dengan butuhnya daerah Lembah Harau akses komunikasi karena merupakan salah satu Destinasi Wisata Utama di Kabupaten Lima Puluh Kota. Demikian juga halnya dengan Kampung Sarugo (Kampung Saribu Gonjong) di Kecamatan Gunuang Omeh merupakan Destinasi Wisata Adat yang telah ditetapkan sebagai Smart Branding Kabupaten Lima Puluh Kota yang memerlukan dukungan akses komunikasi.

GM Telkom Sumbar, Sulkan, mengucapkan terimakasih atas kerjasama dengan Pemda Lima Puluh Kota. “ Telkom siapa Suport Pemkab 50 Kota Semaksimal mungkin demi kemjuan50 Kota,” ujarnya. (*)

baca juga: Warga Keluhkan Jalan Berlubang di Perlintasan Padang-Solok

Penulis: Pundi F Akbar