BPBD Sumbar: Akibat Curah Hujan Empat Daerah di Sumbar Dalam Pusaran Bencana

Ilustrasi/KLIKPOSITIF
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Akibat curah hujan cukup cukup tinggi, mengakibatkan banjir disejumlah daerah dalam minggu ini di Sumbar dalam pusaran bencana.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat (BPBD Sumbar), ada empat daerah yang terdampak yakni, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Pasaman dan Tanah Datar.

baca juga: BMKG Dorong Penelitian Megatrust dan Tsunami

Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman menyampaikan, di Bukittinggi banjir merendam Kelurahan Tarok Dipo, Tengah Sawah, Belakang Balok, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kubu Gulai Bancah, Pulai Anak Air, Pintu Kabun dan kawasan Rumah Sakit Ibnu Sina.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tim TRC BPBD Kota Bukittingi melakukan evakuasi dan masih melakukan pendataan korban banjir," ujarnya.

baca juga: Simak Penjelasan Geolog UGM Ini Terkait Ramai Isu Gempa Besar dan Tsunami di Jawa

Sementara di Agam, banjir beserta lumpur merendam rumah warga di Jorong Sungai Ranggeh Nagari Bayua Kecamatan Tanjung Raya. Banjir Kamis (19/12) juga merendam fasilitas umum dan material banjir menutupi badan jala di Jorong setempat.

Selanjutnya, di Pasaman curah hujan cukup tinggi mengakibatkan banjir dan longsor daerah Padang Alai Jorong Petok Nagari Panti. Lebih kurang 200 jiwa dievakuasi dan satu masjid terdampak.

baca juga: LIPI Temukan Endapan Tsunami Berusia 300 Tahun, Dipastikan Terjadi Berulang

Sedangkan di Tanah Datar, tidak hanya banji, pohon tumbang dan longsor juga di Kecamatan Tanjung Baru Nagari Barulak Jorong Aur. Kemudian pohon tumbang di Jalan Raya Batusangkar - Simpang Baso tepatnya di jalan Bukit Siangin Jorong Bayur menutup akeses jalan.

"Di Tanah Datar 1 unit mobil dan 1 unit motor hanyut terbawa arus disertai garasi ambruk," tukasnya. (*)

baca juga: Akibat Curah Hujan, Jalan Penghubung Salido Sari Bulan dan Koto Rawang Terkikis Aliran Sungai

Penulis: Joni Abdul Kasir