Jelang Nataru, PLN Sumbar Siagakan 1.426 Petugas dan 156 Posko Demi Jamin Keandalan Listrik

(KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT PLN (Persero) unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) siagakan 1.456 petugas dan 156 posko demi jamin pasokan listrik selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal itu diungkapkan GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto di kantor PLN Belanti Padang di dalam ruang kontrol online jaringan listrik di Sumbar bersama media, Jumat (20/12). Ia menjelaskan secara rinci bagaimana kesiapan PLN dalam memenuhi kebutuhi listrik masyarakat Sumbar selama Nataru.

baca juga: PLN Beri Beasiswa Keluarga Pejuang Kelistrikan yang Jadi Korban COVID-19

"Kami siaga penuh untuk menyambut Nataru. Bahkan petugas yang kami siapkan berjumlah hingga 1.426 orang dan 156 posko guna menerima keluhan pelanggan jika menemui masalah kelistrikan," kata Bambang.

Di dalam ruangan tersebut, terlihat bagaimana kondisi dan situasi transmisi dari puluhan Gardu Induk (GI) yang ada di Sumbar melalui layar monitor dengan beberapa etugas yang stand by memantau.

baca juga: Kakek Ini Kaget Melihat Tagihan Listriknya Capai Puluhan Miliar, Perusahaan Listrik Lakukan Pengecekan

Periode masa siaga Nataru itu berlangsung dari 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020. Selama masa siaga itu, PLN juga menghentikan pemeliharaan yang rutin dilakukan demi menghindari terputusnya aliran listrik kepada masyarakat.

Namun, menghentikan pemeliharaan rutin selama masa siaga bukan berarti membuat PLN tidak melakukan pemeliharaan terhadap alat-alat kelistrikan mereka. Hal itu hanya ditunda atau dijadikan lebih cepat dari masa siaga nataru.

baca juga: Dukung Pelestarian Lingkungan, PLN Launching Parkir VVIP untuk Sepeda dan Kendaraan Listrik

"Pokoknya, masyarakat beribadah natal saja dengan tenang. Nikmati tahun baru dengan bersuka-ria. Untuk urusan listrik , serahkan saja pada PLN ," katanya lagi.

Sementara itu, Manager PLN UP2D Sumbar Riki Yaqub mengungkapkan, pemantauan transmisi untuk pelanggan dengan beban rendah dan menengah di beberapa daerah memang dilakukan di tempatnya. Petugasnya selalu siaga 7x24 jam dalam mengamankan kondisi kelistrikan tersebut.

baca juga: Melalui Co-Firing, PLN Targetkan Peningkatan Kapasitas Pembangkit EBT Menjadi 16 GW pada 2024

"Kami selalu memantau secara online dan real time kondisi transmisi ataupun Gardu Hubung yang ada di Sumbar. Jadi tak perlu merasa cemas tentang masalah listrik ," kata Riki.

Dijelaskannya, biasanya pemadaman listrik terjadi bukan karena kurangnya pasokan listrik , namun karena terjadinya gangguan dari alam atau pun kerusakan dari peralatan listrik karena berbagai gangguan lainnya.

Di sisi lain, SM Niaga dan Pelayanan Pelanggan Rizki mengungkapkan bahwa PLN tengah mengadakan promo dan diskon pada pelanggan yang ingin menambah daya listrik di tempatnya.

Promo itu dalam bentuk diskon 75 persen untuk pelanggan PLN yang ada kompor induksi di rumahnya. Waktu promo itu berlaku hingga 31 Desember 2019. Ia mengajak masyarakat untuk tidak ketinggalan mengikuti promo tambah daya tersebut.

Gelar Apel Siaga Nataru
Dalam rangka siaga Nataru, PLN Sumbar telah menggelar apel siaga dan cek peralatan untuk kesiapan siaga di beberapa kantor PLN yang tersebar di Sumbar.

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto mengungkapkan bahwa kegiatan itu dilakukan guna memastikan kesiapan dari seluruh petugas PLN dalam menyambut perayaan Natal dan tahun baru yang akan dihadapi masyarakat.

"Periode masa siaga dilakukan hingga awal Januari 2020," tutur.(*)

Penulis: Khadijah