Enam Anggota Panwascam Kota Solok Dilantik

Ketua Bawaslu Kota Solok mengambil sumpah jabatan 6 Panwascam yang dilantik
Ketua Bawaslu Kota Solok mengambil sumpah jabatan 6 Panwascam yang dilantik (Istimewa)

SOLOK , KLIKPOSITIF -- Bawaslu Kota Solok melantik 6 orang Panitia Pengawas Kecamatan ( Panwascam ) Kota Solok , Senin 23 Desember 2019 di Aula Hotel Mami, Kota Solok . Pelantikan dipimpin langsung Ketua Bawaslu Solok , Triati.

Pelantikan itu dilakukan berdasarkan Keputusan Bawaslu Kota Solok Nomor : 43/K.BAWASLU-SB.19/KP.01.00/ XII/2019 tentang Penetapan Panwascam pada Pemilihan Gubernur Sumatera Barat dan Walikota Solok Tahun 2020 se-Kota Solok .

baca juga: Gawat Darurat, Warga Kota Solok Bisa Hubungi Call Center 112

Untuk Panwascam Kecamatan Lubuk Sikarah yang dilantik adalah Andri Anas, Don Rizal, dan Nike Gusmala Dewi. Sementara Panwas Kecamatan Tanjung Harapan yang dilantik terdiri dari Intel Friadi, Nailus Sa’adah dan Rilly Rasiana.

Ketua Bawaslu Kota Solok menyebutkan, tantangan dalam penyelenggaraan Pemilihan tahun 2020 mendatang sangat berbeda dibanding penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019 lalu.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

“Setidaknya, Tipologi aktor politik, relasi-relasi antar aktor politik, potensi konflik dan lain sebagainya akan berbeda dalam dua jenis Pemilu tersebut,” Sebut Triati.

Menjawab tantangan itu, sebutnya, perlu pengawas di berbagai tingkatan yang berkualitas, berintegritas dan memiliki kredibilitas, sehingga penyelenggaraan Pilkada 2020 mendatang bisa berjalan dengan baik.

baca juga: Mahasiswa Baru UMMY Solok Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus

Triati juga mengingatkan, Panwascam harus senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait pelaksanaan tugas pengawasan, serta selalu tunduk dan patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Dalam menjalankan pengawasan, Panwascam harus menguasai berbagai aturan menyangkut pelaksanaan Pemilihan sehingga tindakan yang dilakukan bisa dipertanggungjawabkan," tutupnya.

baca juga: Dua Pegawai Kantor Pajak Kota Solok Positif COVID-19

[Syafriadi]

Penulis: Iwan R