10 Nagari Terdampak Banjir di Pessel

Banjir merendam rumah warga di Pessel
Banjir merendam rumah warga di Pessel (Ist)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Akibat tingginya curah hujan Selasa 24 Desember 2019 sore, sejumlah nagari di dua kacamatan di Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat terdampak banjir .

Kasi Kedaruratan, BPBD Pesisir Selatan , Doni Boy mengungkapkan, dua kecamatan yang terdampak banjir tersebut adalah Kecamatan Bayang dan Kecamatan IV Jurai dengan ketinggian 50 centimeter.

baca juga: Akan Kunjungi Korban Banjir di Kalsel, Nikita Mirzani : Ngerinya Tiba tiba Minggu Depan Airnya ke Jakarta

"Kalau masuk Kacamatan Bayang (selain IV Jurai) ada sekitar 10 nagari. Dan alhamdulillah seluruh masih aman terkendali," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF .

Dari 10 nagari tersebut, di Kacamatan IV Jurai, data BPBD Pessel nagari terdampak parah terdapat di Nagari Ampuan Lumpo-IV Jurai.

baca juga: Mengharukan, Guru di Kalimantan Selatan Tetap Mengajar Secara Daring Meski Rumahnya Kebanjiran

Lalu, Nagari Sungai Gayo Lumpo, Nagari Sungai Sariek, Nagari Lumpo Induk, Nagari Limau Gadang Lumpo dan Nagari Batu Kunik Lumpo.

Sememtara, di Kecamatan Bayang terdapat Nagari Gurun Panjang Barat, Gurun Panjang Utara, Gurun Panjang Selatan dan beberapa nagari lainnya yang belum dihimpun BPBD.

baca juga: Pemkab Tagetkan Vaksinasi Nakes di Pessel Tuntas Januari 2021

"Tetapi, dari sejumlah nagari itu, Ampuan Lumpo yang paling terparah. Ada sekitar 130 rumah terendam dengan 50 hektare lahan persawahan terendam," tutupnya.

(Kiki Julnasri)

baca juga: Baru Awal Tahun, BNPB Catat Seratusan Lebih Bencana Alam di Indonesia dengan Korban Meninggal 166 Jiwa

Penulis: Rezka Delpiera