Dua Wartawan Pengungkap Panama Papers Mengaku Terkejut dengan Reaksi Dunia

Panama Papers
Panama Papers (Reuters.com)

KLIKPOSITIF - Dua wartawan Jerman dari harian Sueddeutsche Zeitung yang berada di belakang pengungkapan skandal " Panama Papers " mengaku terkejut oleh dampak global dari pembocoran dokumen itu. Keduanya lalu menjanjikan pengungkapan yang lebih sensasional lagi.

"Saya tidak pernah membayangkan muncul reaksi seperti itu sampai disiarkan oleh seluruh saluran televisi dan kami menerima permintaan dari media dari seluruh dunia," kata satu dari dua wartawan itu, Bastian Obermayer (38).

baca juga: 9 Mei, ICIJ Akan Rilis Semua Dokumen Panama Papers

Dari seorang sumber anonim, harian terbesar kedua di Jerman dari segi penjualan itu menerima sekitar 11 juta dokumen milik firma hukum Panama Mossack Fonseca yang mengungkapkan transaksi-transaksi keuangan gelap yang melibatkan banyak orang kaya dan berkuasa di dunia.

Harian liberal ini membagi jutaan dokumen bocor itu dengan sebuah konsorsium beranggotakan ratusan wartawan investigatif yang menambang gunungan data selama lebih dari setahun.

baca juga: Keterlibatan Presiden Rusia dan Panama Papers

Sejak Minggu pekan ini, pengungkapan dokumen bocor itu telah menjatuhkan Perdana Menteri Islandia Sigmundur David Gunnlaugsson, memaksa mundur seorang pejabat senior UEFA dan menerjang Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden Argentina Mauricio Macri.

"Kami padahal masih di tengah pembeberan (dokumen-dokumen bocor) itu," kata wartawan satunya lagi, Frederik Obermaier (32), yang berbicara di kantor pusat surat kabarnya di Muenchen.

baca juga: Presiden FIFA Tegaskan Tidak Terlibat dalam Panama Papers

"Pada hari-hari mendatang, bakal lebih banyak lagi topik yang menjadi headline besar di banyak negara," katanya.

[Ant]

baca juga: PM Inggris Didesak Mundur Terkait Panama Papers

Penulis: Fitria Marlina