PLN Wilayah Sumbar Resmikan Listrik Desa di Padang Pariaman

(KLIKPOSITIF/Rehasa)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF  - PLN Unit Induk Wilayah Sumbar meresmikan listrik desa pada kawasan Korong Duku Paik, Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (26/12).

Kawasan Korong Duku Paik merupakan wilayah yang terbilang baru, secara merata teraliri listrik , setidaknya 21 Kepala Keluarga di Korong tersebut sudah bisa merasakan suasana terang benderang karena masuknya listrik .

baca juga: PLN Sumbar Siap Dukung Penuh Penerapan Outage Management

Perihal tersebut, Genderal Manager PLN Induk Unit Wilayah (IUW) Sumbar, Bambang Dwiyanto menjelaskan, sudah menjadi kewajiban pihaknya untuk memberikan aliran listrik pada tiap tiap desa. “Sejalan dengan Visi PLN yaitu listrik untuk kehidupan yang lebih baik,” kata Bambang, di lokasi peresmian listrik desa, Duku Paik, Kamis 26 Desember 2019.

Tidak hanya itu, dikatakanya juga, pihaknya selalu berupaya memberikan jaringan listrik . “Kami selalu berupaya memberikan jaringan listrik , kendatipun sampai sekarang masih ada juga yang masih belum teraliri sebab akses untuk jaringan sulit. Contohnya keadaan wilayah yang tidak ada akses untuk mendirikan tiang listik, akibatnya kawasan itu tidakbisa terjangkau aliran,” jelas dia.

baca juga: Stimulus Listrik Maret 2021 untuk Masyarakat Telah Bisa Didapatkan Melalui PLN Mobile

Pada kawasan Duku Paik tersebut, diantaranya ada 5 KK yang belum teraliri listrik lantaran alasan tersebut, yakni wilayah yang sulit diakses.

“Dengan adanya program listrik desa ini, halangan dan rintangan untuk mengaliri jaringan listrik ke wilayah yang belum teraliri listrik , musti dicari solusi bersama warga. Kita tahu bahwa listrik sangat memudahkan aktifitas warga, makanya program ini selalu diperioritaskan, ungkap Bambang.

baca juga: Secuil Kisah Dibalik Terang

Lebih lanjut Bambang merincikan, untuk Kabupaten Padang Pariaman sendiri, ada 4 wilayah yang sudah tersenduh program listrik desa. “Yakni wilayah Kuranji Hulu, Tigo Aua, Sialangan, dan Nagari Padang Alai,” sebut dia.

Selain itu, kata Bambang lagi, untuk Sumbar sudah 98 persen tealiri listrik berkat program nasional dari PLN . “Sudah 98 persen wilayah Sumbar teraliri jaringan listrik , itu merupakanprogram nasional kami, yaitu program, LISSA ( Listrik Masuk Desa),” jelas Bambang.

baca juga: PLN Beri Beasiswa Keluarga Pejuang Kelistrikan yang Jadi Korban COVID-19

Dikatakannya juga untuk Sumbar, PLN sudah membentangkan 100 Kilometer jaringan tegangan sedang dan 100 kilometer tegangan rendah.

[Rehasa]

Penulis: Khadijah