Padangpanjang dan Tanah Datar Siap Jadi Tuan Rumah Terbaik Porprov 2022

Ketua KONI Kota Padangpanjang Primer dan Ketua Harian KONI Kabupaten Tanah Datar Zulkifli Bahri
Ketua KONI Kota Padangpanjang Primer dan Ketua Harian KONI Kabupaten Tanah Datar Zulkifli Bahri (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kota Padangpanjang dan Kabupaten Tanah Datar siap menjadi tuan rumah terbaik pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 dari pelaksanaan Porprov yang telah ada. Hal itu diungkapkan Ketua Harian KONI Kabupaten Tanah Datar Zulkifli Bahri usai dipili dan ditetapkannya daerah itu sebagai pelaksana Porprov XVII tahun 2022.

"Kita siap menjadi tuan rumah terbaik dari Porprov yang telah ada. Dengan pemilihan dan penetapan ini, kita akan berkoordinasi dengan bupati, walikota, KONI dan gubernur sebaga langkah awal untuk membuat yang terbaik. Ini bukti kami serius dan tak latah mengikuti dan bagaimana memberikan yang terbaik untuk Sumbar," tuturnya.

baca juga: DPR Harap KONI Konsisten Bantu Pembinaan Atlet Nasional

Ia mengatakan untuk persiapan venue dalam waktu dekat akan selesai, yakni sport center di Pagaruyung. "Dan venue lainnya yang waktu verifikasi belum selesai juga sedang disiapkan maksimal. Dengan telah ditetapkan, tentunya persiapan akan kita lakukan dengan lebih cepat. Hingga saat ini, persiapan sudah mencapai 80 persen," tuturnya.

Untuk pembagian cabang olahraga (cabor), 16 (cabor) akan dilaksanakan di Kota Padangpanjang dan 18 cabor akan dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar. "Nantinya kita juga akan berkoordinasi dengan KONI Kota Padangpanjang terkait venue dan prioritas cabor yang akan dipertandingkan di masing-masing daerah. Jika cabor yang dipertandingkan misalnya di Padangpanjang belum siap maka bisa dipindahkan ke Kabupaten Tanah Datar. Dan nantinya ini akan kita sesuaikan," jelasnya.

baca juga: Sempat Berpolemik, Pengurus KONI Kabupaten Solok Periode 2020-2024 Akhirnya Dilantik

Ketua KONI Kota Padangpanjang Primer mengatakan nantinya dalam pelaksanaan akan ada 6 cabor yang dilaksanakan bersama. "Untuk cabor mana saja, nanti kita akan koordinasikan lagi bersama," jelasnya.

Sebelumnya, tim verifikasi KONI telah melakukan survei lapangan terhadap kesiapan daerah ini sebagai tuan rumah pada 17 dan 18 Juni 2019 lalu. Dalam pemaparan persiapan sebagai tuan rumah, kedua daerah itu juga telah melakukan berbagai persiapan, diantaranya dengan melakukan penandatanganan sebagai tuan rumah bersama, dukungan masyarakat kedua daerah, perantau, lembaga masyarakat, perguruan tinggi dan hotel.

baca juga: Melayat Kerumah Bupati Tanah Datar, Gurbernur Sumbar: Almarhum Pekerja Keras

"Kami akan menampilkan diri sebagai tuan rumah yang berkualitas dan baik dengan menyediakan fasilitas dan kebutuhan semua pihak dalam hal ini. Selain itu, nantinya kami juga menghadirkan berbagai ragam wisata sehingga Porprov tak hanya olahraga, namun juga menghadirkan keindahan wisata," tuturnya.

KONI Sumbar melakukan Raker dengan melakukan pemilihan tuan rumah Porprov XVII tahun 2022, Porprov XVIII tahun 2024, dan Porprov XIX tahun 2026. Raker dihadiri oleh 18 KONI kabupaten/kota di Sumbar. (*)

baca juga: Pemprov Sumbar Komit Anggarkan Dana untuk Olahraga

Penulis: Fitria Marlina