Saat Malam Tahun Baru, Pendaki Dilarang Naik Gunung Marapi dan Singgalang

Gunung Marapi
Gunung Marapi (Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Tanah Datar membuat surat edaran bersama tentang pengamanan pergantian tahun. Ada enam item isi surat edaran tertanggal 26 Desember 2019 yang bernomor 300/001/Forkopimda-2019 itu.

Salah satu isi edaran tersebut menyinggung larangan aktivitas pendakian Gunung Marapi dan Gunung Singgalang . Aktivitas pendakian di kedua gunung itu dilarang, dengan alasan bisa berpotensi terjadinya kemaksiatan.

baca juga: Aktivitas Gunung Marapi Sumbar Terkini, Terjadi Dua Kali Hembusan

"Dilarang mengadakan kegiatan hiburan malam di tempat-tempat umum, pendakian Gunung Marapi dan Gunung Singgalang yang berpotensi terjadinya perbuatan maksiat pada saat pergantian tahun", isi poin pertama surat edaran tersebut.

Baca juga : Gunung Marapi Tak Meletus Sepanjang 2019" href="http://news.klikpositif.com/baca/62566/gunung-marapi-tak-meletus-sepanjang-2019"> Gunung Marapi Tak Meletus Sepanjang 2019

baca juga: Pendaki yang Jatuh di Gunung Marapi Dibawa ke Rumah Sakit Yarsi Padang Panjang

Untuk diketahui, Gunung Singgalang yang berketinggian 2.877 mdpl (meter di atas permukaan laut) merupakan gunung api tidak aktif. 

Namun untuk Gunung Marapi yang berketinggian 2.891 mdpl, merupakan gunung aktif yang saat ini berstatus waspada atau berada di level II.

baca juga: Basarnas Sebut Pendaki yang Terjatuh di Gunung Marapi Masih Dalam Kondisi Sadar

Dari data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi di kawasan Belakang Balok Bukittinggi, sepanjang 2019 ini Gunung Marapi tidak mengalami letusan. Namun dalam status waspada, Gunung Marapi harus dihindari dalam radius 3 kilometer dari kawah/puncak.

Ancaman bahaya untuk saat ini berupa erupsi abu disertai lontaran material/pasir yang berpotensi melanda wilayah dengan radius 3 kilometer dari pusat erupsi Kawah Verbeek. (*)

baca juga: Terjatuh di Kawasan Cadas, Pendaki Gunung Marapi Mengalami Luka-luka di Bagian Kepala

Penulis: Iwan R