Peladang Pessel Temukan Dua Bunga Bangkai Tumbuh Mekar di Ladang Gambir

Agus Salim temukan bunga bangkai tumbuh mekar diladangnya
Agus Salim temukan bunga bangkai tumbuh mekar diladangnya (Ist)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Peladang Gambir di Kampung Langgai, Nagari Gantian Mudiek Utara, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menemukan dua bunga bangkai raksasa tumbuh dan mekar di lahan gambir setempat.

Salah satunya, Agus Salim (29) mengungkapkan, bunga yang bernama latin amorphophallus titanum ditemukan pada Rabu 1 Januari 2020 lalu. Saat ditemukan kedua bunga tersebut dalam kondisi tumbuh subur dan segar.

baca juga: Kabar Gembira! Diskon Tambah Daya "Super Merdeka" untuk UMKM dan IKM Kembali Diperpanjang Hingga Akhir Tahun

"Satunya sudah mulai mekar, dan satunya lagi masih berkondisi kucup," ungkapnya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Senin 6 Januari 2020.

Ia menjelaskan, bunga tersebut keduanya berjarak sekitar 100 meter. Satunya, berada di sekitar aliran anak sungai di ladangnya, dan satunya lagi ditemukan di sekitar areal ladang warga sekitar.

baca juga: Besok Bawaslu Sumbar Akan Plenokan Kasus Kasatpol PP Padang

"Kalau di ladang saya, itu saya temukan saat di anak sungai masih kucup. Tapi, kalau yang satunya lagi di ladang tetanga itu sudah mekar," terangnya.

Ia menerangkan, bunga bangkai yang ditemukannya itu diperkirakan keduanya memiliki tinggi sekitar 1 meter lebih kurang. "Kalau diperkirakan tinggi keduanya sekitar 1 meter. Tapi, yang satu lagi agak lebih besar," jelasnya.

baca juga: Gubernur Sumbar Serahkan Bonus 1,6 Miliar Pada Atlet Berprestasi

Lanjutnya, penemuan dua bunga bangkai di areal peladang sekitar tidak hanya sekali itu saja ditemukan, namun sudah berkali-kali ditemukan.

"Jauh dari ini, sebelumnya juga sudah sering ditemukan. Tapi, saya temukan dekat di ladang saya baru kali ini," tutupnya. (*)

baca juga: Selamatkan Perantau di Wamena jadi Alasan Tokoh Padang Ganting Dukung Nasrul Abit

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera