Polisi Amankan Sudarto Toto, Aktivis Pusaka Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

Dirkrimsus Polda Sumbar Kombes Pol Juda Nusa Putra (kiri) Didampingi Penyidik Saat Memeriksa Sudarto Toto (kanan) di Mapolda Sumbar
Dirkrimsus Polda Sumbar Kombes Pol Juda Nusa Putra (kiri) Didampingi Penyidik Saat Memeriksa Sudarto Toto (kanan) di Mapolda Sumbar (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar menangkap aktivis Pusat Studi Antar Komunitas (Pusaka) Padang Sudarto Toto, Selasa 7 Januari 2020.

Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sumbar Kombes Pol Juda Nusa Putra membenarkan hal tersebut, hal ini terkait dengan adanya berita tentang masalah pelarangan melaksanakan ibadah umat Kristen merayakan Natal di Dharmasraya.

baca juga: Beda Dari Biasa, Ini Rekomendasi Lomba HUT RI 17 Agustus di Masa Pandemi

"Untuk pelaku yang yang menyiarkan berita itu sudah kita lakukan penangkapan di kediamannya di Jalan Veteran, Kota Padang sekira pukul 13.30 WIB," katanya di Mapolda Sumbar, Selasa 7 Januari 2020.

Juda Nusa menambahkan, pihaknya sudah melaksanakan tahapan pemeriksaan sesuai dengan prosedur, berdasarkan laporan masyarakat di Polsek Pulau Punjung, Dharmasraya pada 29 Desember 2019 lalu oleh Hari Permana.

baca juga: Ini Cara Cetak Kartu Ujian SKB Bagi CPNS

"Untuk statusnya sudah tersangka. Penetapan tersangka sesuai dengan hasil gelar perkara itu kemarin, kemudian setelah pemeriksaan hari ini kita langsung lakukan penahanan," ujarnya.

Juda Nusa menyebutkan pasal yang akan disangkakan kepada Sudarto Toto yaitu Pasal 45 ayat 2 junto Pasal 28 ayat 2 Undang-undang No 19 Tahun 2016 atas perubahan Undang-undang No 11 tahun 2008 junto pasal 14 ayat 1 dan 2 dan/atau pasal 15 Undang-undang tahun 1946.

baca juga: Diminta Gerindra Jadi Capres di Pilpres 2024, Ini Jawab Prabowo

"Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman diatas 6 tahun," ujarnya.

Sebelumnya Sudarto Toto menuliskan di media sosial miliknya sejak tanggal 12 Desember 2019 lalu, tentang adanya pelarangan perayaan Natal di Jorong Kampung Baru, Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya oleh pemerintah Kabupaten setempat. (*)

baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Hari Ini, Ini Cara Daftarnya

Penulis: Muhammad Haikal | Editor: Rezka Delpiera