Pemkab Pessel Dorong Bumnag Kelola Pariwisata Nagari

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)
PESSEL , KLIKPOSITIF

-- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mendorong potensi wisata lokal di luar destinasi utama bisa dikelola Badan Usaha Milik Nagari (BumNag) di nagari.

Kepala Dinas Pariwisata , Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo mengakui, bahwa dalam kurun beberapa tahun belakangan telah banyak tumbuh potensi-potensi wisata baru, namun sejauh itu belum terkelola dengan baik.

baca juga: Putus Mata Rantai Covid-19, Bupati Solsel: Satu Bulan Kedepan Vaksin Harus Tuntas

"Untuk itu kita berharap destinasi yang ada di nagari kecamatan diluar destinasi utama itu (Mandeh dan Carocok Painan) bisa berkembang di bawah kelola badan usaha milik nagari (BumNag)," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, keterlibatan BumNag dalam mengelola pengembangan destinasi wisata itu merupakan salah satu langkah yang tepat. Sebab, dana desa bisa didukung untuk pengembangan BumNag.

"Jadi kita mendorong bagaimana potensi-potensi di nagari berkembang bisa didukung dengan memanfaatkan dana desa yang ada per-nagari," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF .

"Sehingga nanti, nagari-nagari bisa mendatangkan hasil pendapatan asli untuk nagari masing-masing. Sekaligus untuk PAD (ke daerah)," jelasnya.

Lanjutnya, dengan adanya potensi wisata yang muncul pemerintah nagari harus memberi perhatian. Tidak hanya ditinggal diam, sebab hal itu merupakan potensi untuk kemajuan juga.

"Tergantung, bagaimana kita bisa mengemas keunggulan masing-masing potensi. Karena daya tariknya tidak bisa sama, daya tarik itu harus berbeda," tutupnya.

baca juga: Musdalub HapKido Sumbar, Risnaldi Ibrahim Terpilih Jadi Ketua Umum Secara Aklamasi

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera