Kadis ESDM: Kondisi Listrik Sumbar 2020 Bagus

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumatera Barat Hery Martinus
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumatera Barat Hery Martinus (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kondisi listrik di Sumatera Barat tahun 2020 sudah surplus dengan beban puncak 620 megawatt dan kapasitas pembangkit terpasang 760 megawatt.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumatera Barat Hery Martinus mengatakan kondisi listrik di Sumbar sudah bagus. "Hanya beberapa daerah yang sangat terpencil seperti di daerah pegunungan yang masih belum teraliri dengan baik, palingan satu atau dua rumah yang belum. Secara keseluruhan kapasitas pembangkit sudah lebih dari kebutuhan," katanya usai dengar pendapat dengan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat, Rabu, 8 Januari 2020.

baca juga: Hari Ini, Tarif Listrik untuk Golongan Rendah Turun, Ini Kriteria Pelanggan yang Dapat

Ia mengatakan untuk daerah yang belum teraliri listrik , kendala yang dihadapi berupa masalah distribusi aliran listrik , seperti hujan, jaringan distribusi yang diakibatkan gangguan oleh pohon, dll.

"Tapi untuk persolan suplai, kapasitas yang kita miliki sudah melwbihi kebutuhan. Hal yang perlu kita lakukan sekarang adalah merubah komposisi pembangkit. Dari 760 itu komposisi pembangkitnya disuplai dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), dan panas bumi. Energi mixnya komposisi energi terbarukan 49 persen bisa mencapai 80 persen dari total pembangkit yang 760 megawatt," paparnya.

baca juga: Gamawan Fauzi: Sumbar Harus Jadi Leader, Bukan Follower

"Sehingga nantinya kita juga minta Perusahaan Listrik Negara ( PLN ) mengganti dari batu bara ke PLTA dan panas bumi sehingga pada 2025 penggunaan yang masih 49 persen bisa naik menjadi 52 persen," paparnya.

Ia juga tak memungkiri bahwa pembangunan untuk energi terbarukan juga lama dan berkaitan dengan regulasi. "Sehingga ini masih diproses dan akan twrus berjalan kedepannya. Kita mengharapkan dukungan yang kuat juga akan hal ini kedepannya," harapnya. (*)

baca juga: Kampanye, Paslon Erick Hariyona - Syawal Prioritaskan Pendidikan dan Agama

Penulis: Fitria Marlina | Editor: Rezka Delpiera